Mengenai Saya

Jumat, 05 April 2013

maakalah TKI


A.    Latar Belakang Masalah
TKI mungkin jadi pilihan para sumber daya manusia ( SDM ) Indonesia untuk memperoleh pendapatan yang lebih tinggi. Mereka merasakan mencari pekerjaan di negarnya sendiri susah-susah gampang, apalagi dengan gaji yang mereka inginkan. Banyak tenaga kerja Indonesia yang melancong ke Negara lain karena tuntutan perekonomian keluarga. Keinginan mendapatkan gaji yang dapat mencukupi bahkan lebih kebutuhan mereka.
Kesulitan hidup adalah alasan terbesar ketika seseorang memutuskan untuk menjadi TKI. Perasaan bahwa tidak tersedia lapangan pekerjaan yang menjanjikan di tanah air sendiri mendorong calon TKI rela merantau hingga ribuan kilometer. Di sisi lain, kita juga sering mendengar kabar-kabar buruk tentang nasib TKI. Mulai dari yang tertipu oleh perusahaan penyalur tenaga kerja hingga yang terancam hukuman mati di negara lain.
Sebenarnya para warga masyarakat Indonesia sangat menginginkan bekerja dengan posisi dekat krabat atau keluarga mereka masing-masing. Namun ternyata Indonesia Negara kita sendiri kurang memadahi lowongan pekerjaan yang sesuai dengan harpan masyarkat. Misalkan banyak pekerjaan dengan syarat-syarat yang masyarakat kecil tidak dapat memenuhi persyaratan tersebut, contoh : dibutuhkannya pengalaman, pendidikan minimal S1, berpengalaman dan lain sebagainya. Bahwa tujuan dari perusahaan-perusahaan melakukan hal demikian adalah untuk memajukan perusahaan mereka sendiri.
Banyak pekerjaan di Indonesia ini yang hanya menghasilkan pendapatan sangat kecil bagi mereka, mungkin untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari saja masih kurang. Sehingga ketika mereka ( masyarakat Indonesia ) mendapatkan tawaran untuk bekerja diluar negri dengan iming-iming gaji yang lebih banyak dan bahkan berlipat ganda mereka akan tergiur dan menyetujui untuk diberangkatkan ke luar negri, tanpa memikirkan apa yang akan terjadi di luar negri nanti tanpa adanya sanak saudara yang menemaninya. Padahal seringkali TKI mendapatkan perlakuan yang tidak adil negri seberang, dimana mereka bekerja. Mereka kerap memperoleh tindakan-tindakan yang tidak manusiawi dari majikan.
Menjadi TKI dengan tawaran gaji yang benar-benar menggiurkan, karena di Negara kita sendiri belum tentu mendaptkan gaji yang sedemikian besarnya, tentu saja mereka tidak menolak. Mereka berfikir bahwa dengan gaji yang begitu besar mereka bisa membahagiakan keluarganya dan meningkatkan kesejahteraan ( karena sejahtera menurut masyarkat umum adalah materi ) meskipun salah satu dari anggota keluarga harus jauh dari keluarganya. Buktinya banyak para TKI yang dapat membangun rumah-rumah mewah di kampungnya, membelikan sepeda motor sanak saudaranya, dan lain sebagainya. Bahkan dengan pandangan hal itu, warga masyarakat lain yang mengetahuinya akan tertarik dan ikut melancong ke luar negri agar dapat mengikuti jejak tentangganya tersebut. Padahal belum tentu mereka beruntung mendapatkan perusahaan atau tempat kerja yang dapat memberikan apa yang dia inginkan, belum tentu mendapatkan bos atau majikan yang baik.
Pada sebagian masyarkat menganggap bahwa bekerja di luar negri sebagai TKI adalah sebuah aib, karena mereka tahu kebanyakan orang yang bekerja di sana mendapatkan perlakuan negative dan tidak adil. Namun sebagian masyarakat menganggap bahwa menjadi TKI adalah hal yang wajar dan biasa, bahkan mereka beranggapan bahwa menjadi TKI adalah sebuah kebanggaan.

B.      Definisi TKI ( Tenaga Kerja Indonesia )
Tenaga Kerja Indonesia (disingkat TKI) adalah sebutan bagi warga negara Indonesia yang bekerja di luar negeri dalam hubungan kerja untuk jangka waktu tertentu dengan menerima upah. Namun demikian, istilah TKI seringkali dikonotasikan dengan pekerja kasar.
TKI sering disebut sebagai pahlawan devisa karena dalam satu tahun dapat menghasilkan devisa sebesar 60 trilyun rupiah ( peraturan pada tahun 2006 ), tetapi dalam kenyataannya, TKI menjadi ajang pungli bagi para pejabat dan agen terkait. Bahkan di Bandara Soekarno-Hatta, mereka disediakan terminal tersendiri yang terpisah dari terminal penumpang umum. Pemisahan ini beralasan untuk melindungi TKI tetapi juga menyuburkan pungli, termasuk pungutan liar yang resmi seperti pungutan Rp.25.000,- berdasarkan Surat Menakertrans No 437.HK.33.2003, “ Bagi TKI yang pulang melalui Terminal III wajib membayar uang jasa pelayanan sebesar Rp25.000 “ (saat ini pungutan ini sudah dilarang)
Pada 9 Maret 2007 kegiatan operasional di bidang Penempatan dan Perlindungan TKI di luar negeri dialihkan menjadi tanggung jawab BNP2TKI ( Badan Nasional Penempatan dan Perlindungan TKI ). Sebelumnya seluruh kegiatan operasional di bidang Penempatan dan Perlindungan Tenaga Kerja Indonesia di luar negeri dilaksanakan oleh Ditjen Pembinaan dan Penempatan Tenaga Kerja Luar Negeri ( PPTKLN ) Depnakertrans.
Alasan Mengapa orang-orang memilih menjadi TKI di Luar Negri :
1.      Sebagian dari mereka adalah tenaga kerja yang tidak memiliki ketrampilan, dan di Negara sendiri tidak mau menerima orang yang tidak mempunyai kieahlian khusus.
2.      Himpitan ekonomi keluarga.
3.      Terlilit hutang.
4.      Kecemburuan sosial yaitu, iri terhadap tetangga yang sukses menjadi TKI.
5.      Sulitnya mencari pekerjaan di Indonesia ( negri sendiri ) dengan penghasilan yang layak.
Yang menjadi alasan mengapa mereka berkeinginan untuk kembali menjadi TKI lagi adalah, karena tujuan aawal mereka menjadi TKI adalah untuk menyelesaikan masalah-masalah yang sebelumnya menjadi alas an mereka ke Luar Negri bekerja sebagai TKI. Kemudian setelah mereka sudah bisa menyelesaikan masalah yang mereka miliki, cenderung mereka akan pulang ke Tanah Air lagi. Entah mereka kembali dengan uang modal yang cukup atau tidak. Biasanya jika mereka pulang dengan uang yang tidak cukup untuk modal usaha, mereka akan lebih memilih untuk kembali menjadi TKI.
Apabila mereka pulang dari bekerja menjadi TKI telah membawa uang yang cukup untuk membuka modal usaha, maka mereka akan membuka usaha yang mereka inginkan. Namun pasti mereka akan kembali menjadi TKI lagi karena usaha mereka gagal.alasan yang memungkinkan mereka kembali menjadi TKI lagi yaitu, apabila mereka telah mendapatkan uang yang banyak dari profesinya sebagi TKI, mereka cenderung akan memiliki nafsu untuk membeli tanah di kampung, membangun rumah, membeli alat-alat elektronik, dan barang-barang mewah lainya. Jika sudah terjadi hal demikian tentu saja mereka akan kehabisan uang dan hanya tersisa untuk kebutuhan sehari-hari. Karena mereka telah merasakan gampangnya mencari uang di luar negri, mereka akan kembali mengambil profesi sebagai TKI.
C.    Dampak Positif Dan Negatif TKI
1.       Dampak Positif
·      Seiring dengan maraknya migrasi tenaga kerja internasional beberapa tahun terakhir dari Indonesia ke negara-negara di kawasan Asia Tenggara, Asia Timur dan Timur Tengah, serta sudah mulai merambah ke beberapa negara di Eropa, Amerika Utara dan Australia, di Kabupaten Cilacap terjadi juga migrasi pekerja ke luar negeri yang menunjukkan jumlah yang terus bertambah setiap tahunnya. Upah yang lebih memadai di negara asing menjadi salah satu penyebab kegiatan tersebut terus berlangsung. Sebagai akibat dari tingginya upah tersebut, pengiriman remitan sebagai salah satu hasil kerja di daerah asal juga semakin meningkat. Berdasarkan kondisi tersebut dirumuskan problem statemen: dampak positif dan dampak negatif dari pengiriman tenaga kerja Indonesia. Bila melihat sejarah. Pengiriman tenaga kerja ke luar negeri sudah ada pada tahun 1890. Pola perekrutan adalah menggunakan sistem kerja kontrak. Pola tersebut masih ditemui pada saat ini. Perusahaan pengerah tenaga kerja memperkerjakan tenaga kerja dengan sistem kontrak atau “outsourching”. Kini model ini makin marak. Jumlah perusahaan pengerah tenaga kerja mencapai ratusan perusahaan. Jumlah TKI yang dikirim mencapai jutaan orang. Itu artinya persaingan. Persaingan akan melahirkan siapa yang paling kuat, pintar, trampil dan mampu beradaptasi mudah mendapat pekerjaan. Tapi sebaliknya makin banyak calon TKI yang terpinggirkan, kalah atau kurang memenuhi syarat namun punya semangat tinggi untuk mencari penghidupan di negeri lain lantaran desakan ekonomi. Kaum inilah yang rentan terhadap pelanggaran hak asasi manusia.

·      Terlepas dari pengelolaan TKI diluar negeri secara benar atau salah, terbukti bahwa Pekerja migran telah menjadi pahlawan devisa bagi bangsa. Mampu menggerakkan roda perekonomian kampung halaman. Pekerja migran mengirim upahnya untuk memperbaiki rumah di kampung halaman, membeli sawah, membantu biaya pendidikan anggota keluarganya. Pekerja migran adalah pahlawan. Mereka berjasa bagi keluarga, dan bangsa. TKI memberi nilai tambah bagi keluarganya.Tahun 2008 TKI menyumbang devisa bagi negara 82 triliun. Tahun ini ada 70.000 TKI di Malaysia yang melewati perusahaan pemasok tenaga kerja (“outsourching”) dari sedikitnya 2,2 juta TKI. Yang tercatat hanya 1,2 juta TKI. Selebihnya ilegal, dan rawan pelanggaran hak asasi manusia. TKI bekerja lebih dari 8 jam sehari diupah 300 ringgit – 450 ringgit (1 juta – 1,3 juta rupiah) per bulan.
·      Ternyata pengiriman tenega kerja ke luar negeri bila dikelola dengan baik dapat meningkatkan kesejahteraan pekerja. Meski di Malyasia dimana jumlah TKI terbanyak berada di sana masih sering musibah bagi TKI, kita juga perlu mengangkat jempol karena masih ada lokasi tujuan TKI yang positif bagi TKI. Pengelolaan tenaga kerja di luar negeri yang berhasil adalah Hongkong. Keterlibatan atau campur tangan pemerintah RI di Hongkong yang memberi pembekalan, perlindungan, perhatian terhadap tenaga kerja Indonesia berhasil mewujudkan mimpi pemuda Indonesia untuk mengumpulkan uang, pengalaman dan pengetahuan.

2.      Dampak Negatif
·      Mengirim tenaga ke luar negeri sesungguhnya netral. Yang bermasalah adalah pengelolaannya. Justru kalau bisa mengirimkan sebanyak mungkin tenaga terdidik, berpengalaman, ahli di bidangnya ke luar negeri akan digaji sesuai pasar yang berlaku. Yakinlah bangsa kita akan dipuji karena menjadi bangsa yang pandai mencetak SDM tangguh. Sudah tidak terhitung penderitaan warga negera Indonesia di luar negeri ketika mengadu nasib sebagai tenaga kerja. Kasus yang muncul berbagai bentuk, seperti TKI yang dibunuh, diperkosa, pelecehan seksual, bunuh diri, digantung, membunuh , dipenjara, gaji tak dibayar, pekerjaan tidak sesuai perjanjian kerja, sakit akibat kerja, penganiayaan, komunikasi kurang lancar. Korban TKI meninggal dunia di Malaysia tahun 2007-2008 hingga Maret 2009 mencapai 40 orang per bulan. Penyebab penyakit di Malaysia paling besar karena radang paru-paru. Karena mereka tinggal di bedeng yang lembab, khususnya pekerja perkebunan, bangunana dan pabrik.
·      Kasus warga negera Indonesia di luar negeri mayoritas diborong oleh tenaga kerja indonesia yang lemah dalam penguasaan keterampilan, penguasaan bahasa asing, berpendidikan rendah, melalui proses pengiriman ilegal. Penderitaan TKI di luar negeri terus berulang sepanjang tahun. Dan sepanjang tahun juga pengiriman TKI terus berlangsung. Tahun 2010 lalu, kasus gadis asal Dompu, Mataram, Nusa Tenggara Barat itu masih di bawah umur. Pihak Agen atau sponsor diduga telah mengubah dokumen Sumiati binti Abdul Salam, menambah usia Sumiati menjadi lima tahun lebih tua. Sumiati, tenaga kerja Indonesia yang disiksa oleh majikannya di Arab Saudi, kini dirawat di sebuah rumah sakit di Madinah. Sumiati diperkirakan akan berada di rumah sakit selama dua minggu. Sumiati Sulan Musthafa (24 tahun), pembantu rumah tangga di Madinah Al Munawwarah, yang mengalami penyiksaan oleh majikannya akan menjalani operasi paru-paru. Sumiati kemudian mengalami penyiksaan di Madinah, Arab Saudi, di mana bibirnya terpotong, hidungnya patah, dan tulang iganya retak. Sumiati kini dibolehkan meninggalkan RS King Fahd, Madinah. Pengadilan di Arab Saudi menjatuhkan hukuman tiga tahun penjara kepada mantan majikan Sumiati binti Salan, Hatab Bin Soleh, juru bicara Kementerian Tenaga Kerja Arab Saudi, minta kasus yang menimpa Sumiati tidak digeneralisasikan atau disamaratakan karena kasus itu adalah perilaku buruk oknum majikan dan bukan seluruh majikan.Hampir 70% TKI lulusan sekolah dasar (SD), bahkan ada kasus ternyata ditemukan TKI buta huruf. Prosedur yang profesional mengenai pengelolaan TKI ke luar negeri masih lemah. Contohnya, masih ada TKI yang kurang bahkan tidak mendapat orientasi atau pembekalan sebelum diberangkatkan ke luar negeri.
·      Proses perekrutan yang menggunakan celah tertentu karena lemahnya pengawasan menjadi ujian pertama yang harus dilewati para calon TKI. Prosedur administrasi dan pembekalan, sang calon TKI sudah dibebani biaya tidak sedikit. Penempatan yang kadang dimanfaatkan pihak tertentu melakukan praktik perdagangan manusia. Hingga pulang kembali ke kampung halamannya mereka dipungli. Padahal modal yang mereka keluarkan cukup besar,ada yang menjual ternak dan sawah, menjual emas, menggadaikan harta. Negara tujuan pencari kerja juga dilatarbelakangi dengan kesungguhan pihak atas kita di luar negeri dalam menyikapi permasalahan di Negara tujuan, contoh negara Malaysia dikarenakan seringnya terjadi kasus penganiayaan tenaga kerja membuat negara tersebut masuk dalam Moratorium ( kebijakan politik untuk menghentikan sementara pengiriman tenaga kerja) untuk tenaga kerja informal (pembantu rumah tangga).  Hongkong maupun Taiwan termasuk negara yang sangat baik dalam memperlakukan tenaga kerja Indonesia, maka banyak pencari kerja menginginkan bekerja di sana dan agen pun bisa  mengumpulkan keuntungan paling banyak dari negara tujuan Hongkong/Taiwan.

D.    Undang-Undang yang Mengatur TKI

Menegenai peraturan Perundang-undangan  permasalahan TKI kami mengambil Undang-Undang nomor 39 pada tahun 2004, dengan cakupan sebagai berikut :
1.      Penempatan[1]
Berdasarkan Undang-Undang Nomor 39 Tahun 2004 pasal 1 ayat 3 : ”Penempatan TKI adalah kegiatan pelayanan untuk mempertemukan tenaga kerja Indonesia sesuai bakat, minat, dan kemampuannya dengan pemberi kerja di luar negeri yang meliputi keseluruhan proses perekrutan, pengurusan dokumen, pendidikan dan pelatihan, penampungan, persiapan pemberangkatan, pemberangkatan sampai ke negara tujuan, dan pemulangan dari negara tujuan.”


Undang-Undang nomor 39 tahun 2004 pasal 1 ayat 5 :
“Pelaksana penempatan TKI swasta adalah badan hukum yang telah memperoleh izin tertulis dari Pemerintah untuk menyelenggarakan pelayanan penempatan TKI di luar negeri.”

Undang-Undang nomor 39 tahun 2004 pasal 1 ayat 13 :
“Surat Izin Pelaksana Penempatan TKI yang selanjutnya disebut SIPPTKI adalahizin tertulis yang diberikan oleh Menteri kepada perusahaan yang akan menjadi pelaksana penempatan TKI swasta.”

2.      Perlindungan[2]
Berdasarkan Undang-Undang Nomor 39 Tahun 2004 pasal 2 dan 3 :
Pasal 2
“Penempatan dan perlindungan calon TKI/TKI berasaskan keterpaduan, persamaan hak, demokrasi, keadilan sosial, kesetaraan dan keadilan gender, anti diskriminasi, serta anti perdagangan manusia.”
Pasal 3
Penempatan dan perlindungan calon TKI/TKI bertujuan untuk:
a.       Memberdayakan dan mendayagunakan tenaga kerja secara optimal dan manusiawi.
b.      Menjamin dan melindungi calon tki/tki sejak di dalam negeri, di negara tujuan, sampai kembali ke tempat asal di Indonesia.
c.       Meningkatkan kesejahteraan TKI dan keluarganya.



E.     Solusi Ketenagakerjaan Di Indonesia
Solusi yang diberikan kepada tenaga kerja di Indonesia, terutama pada TKI di luar negreri tercantum dalam UU nomor 39 tahun 2004 pasal 5, 6, dan 7 :[3]
Pasal 5
1.         Pemerintah bertugas mengatur, membina, melaksanakan, dan mengawasi penyelenggaraan penempatan dan perlindungan TKI di luar negeri.
2.         Dalam melaksanakan tugas sebagaimana dimaksud pada ayat (1), Pemerintah dapat melimpahkan sebagian wewenangnya dan/atau tugas perbantuan kepada pemerintah daerah sesuai dengan peraturan perundang-undangan.
Pasal 6
Pemerintah bertanggung jawab untuk meningkatkan upaya perlindungan TKI di luar negeri.
Pasal 7
Dalam melaksanakan tugas dan tanggung jawab sebagaimana dimaksud dalam Pasal 5 dan Pasal 6 Pemerintah berkewajiban:
a.       Menjamin terpenuhinya hak-hak calon TKI/TKI, baik yang berangkat melalui pelaksana penempatan TKI, maupun yang berangkat secara mandiri.
b.      Mengawasi pelaksanaan penempatan calon TKI.
c.       Membentuk dan mengembangkan sistem informasi penempatan calon TKI di luar negeri.
d.      Melakukan upaya diplomatik untuk menjamin pemenuhan hak dan perlindungan TKI secara optimal di negara tujuan.
e.       Memberikan perlindungan kepada TKI selama masa sebelum pemberangkatan, masa penempatan, dan masa purna penempatan.

Perlu kita ketahui bahwa menjadi TKI adalah pekerjaan yang menurut orang-orang awam adalah pekerjaan yang istimewa karena mereka beranggapan bahwa bekerja diluar negeri adalah hal yang tidak semua orang bisa, dalam pemikiran orang- orang awam sudah terprogram bahwa bekerja di luar negeri adalah sesuatu yang dibanggakan. Padahal sesungguhnya menjadi TKI di luar negeri, status mereka di tempat kerja hanyalah sebagai budak tenaga kerja, bukan bos ataupun atasan yang memegang wewenang. Para TKI ditekan untuk bekerja keras, namun yang paling banyak menikmati uang adalah pemilik lapangan kerja. Mereka hanya bisa menerima dan menerima karena sejatinya mereka hanyalah tenaga kerja yang berada dibawah. Dan juga realita dalam menjadi TKI, mungkin belum mereka ketahui dan malah juga belum pernah terlintas pada benak mereka tentang fakta negatif yang terjadi pada TKI.
Pemerintah telah mendirikan badan penyaluran ketenagakerjaan yang mana bersifat legal, dan bisa dikatakan TKI yang benar-benar mengikuti posedur ini memang nantinya akan benar-benar membaik kwalitas hidupnya secara finansial, atau bisa dikatakan sebagai TKI yang sukses, karena dalam prakteknya TKI tersebut akan mendapatkan pekerjaan yang layak, upah yang sesuai, dan perlindungan dirinya juga akan terjamin. Dengan demikian pemerintah bisa dikatakan telah memenuhi hak-hak TKI tersebut dalam statusnya menjadi warga negara yang bekerja di luar negeri. Namun setiap pemerintah menetapkan suatu kebijakan, pasti muncul saja oknum-oknum yang tidak bertanggung jawab yakni penyalur ketenangakerjaan yang sifatnya ilegal, atau tidak dengan izin  pemerintah. Inilah yang menjadi pokok persoalan yang dialami oleh TKI. Yakni seperti yang telah dijelaskan pada bab segi negatif TKI, sebenarnya jika setiap TKI melewati tahap-tahap yang sesuai dengan prosedur pemerintah, tentu problem-problem tersebut tidak akan terjadi. Mengenai problem yang dialami TKI kita memang memerlukan suatu solusi cerdas agar sebisa mungkin menjadi jalan keluar bagi masalah yang kita hadapi selam ini.
Menjawab persoalan pertama tentang TKI yang disalurkan oleh pihak penyalur ilegal, solusinya adalah pemerintah harus memberi sosialisasi kepada masyarakat agar jangan sampai tertipu oleh iming-iming pekerjaan dan gaji yang besar. Dan juga diberi pengertian tentang bagaimana mengetahui mana penyalur tenaga kerja yang legal dan mana penyalur tenaga kerja yang ilegal. Kedua, solusi tentang dihargai murahnya para TKI yang mana mereka diperlakukan sebagi budak kerja, yang dipaksa kerja siang dan malam sedangkan hanya diberi upah yang minim, dikarenakan mereka menganggap TKI sebagai manusia murah yang tidak memiliki potensi. Sehingga dalam hal ini  harusnya pemerintah memberikan pembekalan bahas asing, pendalaman skill atau keterampilan, dan motivasi harga diri. Dan yang ketiga, solusi tentang dimana para oknum memberi harga tinggi dalam setiap proses perekrutan, sampai-sampai pihak keluarga calon TKI rela menjual sawah atau warisan berharga milik keluarganya yang sudah turun temurun di wariskan, atau yang lebih parahnya lagi mereka menggunakan pinjaman bank dengan bunga yang tinggi. Namun apa yang mereka dapat? Bagai peribahasa yang mengatakan sudah jatuh tertimpa tangga, sudah menghabiskan biaya yang besar, calon TKI kadang gagal diberangkatkan dikarenakan dalam menawarkan jasa sebagai  penyalur tenaga kerja hanyalah modus belaka. Solusinya adalah calon TKI dan keluarganya haruslah pintar-pintar mengidentifikasi si penyalur, apakah mereka benar legal  dan resmi dengan izin pemerintah atau ilegal atau tidak resmi atas nama pemerintah.

F.     Contoh TKI Sukses Dan Tidak
1.      Contoh TKI sukses
Menjadi Tenaga Kerja Indonesia (TKI) tidak selalu dipandang sebelah mata. Sebut Imam Nahrowi, mantan TKI Korea ini kini tergolong pengusaha sukses di kampung halamannya Way Jepara, Lampung Timur. Imam memiliki toko material (bahan bangunan), ruko dan aset lainnya yang jika dinilai bisa mencapai Rp2,1 miliar. Kesuksesan Imam panggilan akrabnya, tentu bisa menjadi contoh dan pelecut masyarakat yang ingin menjadi TKI. Pada tahun 2000, Imam memilih bekerja di Korea sebagai TKI. Bekerja di salah satu perusahaan swasta Korea, Imam dikontrak selama 2 tahun hingga 2002. "Waktu itu bekerja di Korea masih melalui PJTKI, belum ada program Government to Government (G To G) BNP2TKI," jelas Imam seperti yang dirilis BNP2TKI, Rabu, 18 Agustus 2010. Selama bekerja di Korea, Imam mendapatkan gaji sebesar Rp7,5 juta per bulan. Gaji tersebut bisa dibilang cukup besar pada waktu itu. Ia tidak menghabiskan semua hasil keringatnya untuk biaya hidup di Korea. Setiap bulan Imam mengirim uang kepada keluarganya. Uang tersebut digunakan untuk modal usaha di kampung halaman Desa Labuan Ratu, Way Jepara, Lampung Timur.
"Awalnya saya bekerja di bagian produksi, tapi setelah bos mengetahui saya bisa mengoperasikan komputer kemudian saya dipindahkan ke bagian staf. Boleh dibilang saya termasuk orang yang mendapatkan pekerjaan enak dibandingkan dengan teman-teman TKI lainnya," cerita Imam sambil mengenang masa lalunya itu. Seiring berjalannya waktu, akhir 2002 Imam menyelesaikan kontrak kerjanya di Korea. Ia kemudian memilih pulang ke kampung halamannya di Lampung. Berbekal dengan modal tabungan yang dimiliki hasil bekerja di Korea, Imam kemudian mendirikan usaha yang menjual bahan alat bangunan seperti genteng, keramik, semen, cat dan lainnya. Waktu itu ia membuka usaha dengan modal awal Rp50 juta. "Mulanya toko bangunan saya tidak besar. Tapi karena banyak pelanggan dan terus berkembang akhirnya toko menjadi seperti ini," papar Imam sambil menunjuk rukonya yang besar berlantai dua itu. Selain masyarakat umum, sebagian besar pelanggan toko Imam adalah mantan TKI dan keluarga TKI. Tidak heran omset toko bangunan pernah mencapai Rp140 juta lebih selama tiga bulan. "Toko ini dibesarkan oleh TKI dan dari TKI. Dan tidak heran dari semua ruko yang ada di pasar Way Jepara ini adalah mantan TKI yang kini sukses," tutur Imam yang juga aktivis TKI itu.
1.      Contoh TKI yang gagal

Seseorang yang bekerja menjadi TKI di luar negeri adalah sebuah pilihan yang dia tetapkan untuk mencari pendapatan yang lebih besar. Dengan demikian dia harusnya melakukan pekerjaannya dengan baik agar memperoleh gaji yang tinggi. Ketika dia memperoleh gaji yang besar seperti apa yang dia inginkan, cenderung dia akan melakukan hal-hal yang sesuai dengan nafsunya seperti, membeli barang-barang elektronik, barang mewah yang berharga mahal. Namun dia akan pulang dengan uang yang sedikit, yang tidak mencukupi untuk dijadikannya sebagai modal usaha di negaranya.

G.    Kesimpulan
Dari berbagai studi yang dilakukan, kita ketahui bahwa migrasi tenaga kerja yang bersifat internasional telah terjadi sejak zaman kolonial.  Barulah sekitar tahun 1980-an, negara mulai melihat manfaat strategis pengiriman TKI ke luar negeri. Negara  menganggap pengiriman TKI ke luar negeri sebagai sebuah jawaban atas absennya Negara dalam menyediakan lapangan kerja. Walaupun pengirinan TKI memiliki manfaat strategis yang cukup besar bagi berbagai persoalan domestik, namun kebijakan pemerintah mengenai TKI hanya bersifat ad hoc.
Karena mereka ingin mencukupi kebutuhan hidupnya. Bekerja diluar negeri justru lebih dihargai biasanya. Sehingga banyak orang yang lebih baik kerja diluar negeri menjadi TKI. Walau sebenarnya disana tidak seenak yang dibayangkan. Kerjanya sangat berat meskipun penghasilanya cukup besar.
Kalau masalah negara Indonesia. Sebenarnya pemerintah sudah memberikan banyak lowongan kerja bagi masyarakat. Namun mungkin saking banyaknya penduduk dan tingkat pengangguran yang tinggi sehingga terkadang tidak semuanya bisa bekerja. Dan banyak juga masyarakat Indonesia yang malas, pendidikan minim. Sehingga sangat sulit untuk masuk krikteria kerja. Sebenarnya negara sudah menyediakan, cuma terkadang masyarakat salah.













DAFTAR PUSTAKA

§  Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 39 Tahun 2004 tentang Tenaga Kerja Indonesia



[1] Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 39 Bab I Tahun 2004; halaman 4-6

[2] Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 39 Bab I Tahun 2004; halaman 7

[3] Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 39 Bab II Tahun 2004; halaman 7

15 komentar:

Unknown mengatakan...


Awalnya aku hanya mencoba main togel akibat adanya hutang yang sangat banyak dan akhirnya aku buka internet mencari aki yang bisa membantu orang akhirnya di situ lah ak bisa meliat nmor nya AKI NAWE terus aku berpikir aku harus hubungi AKI NAWE meskipun itu dilarang agama ,apa boleh buat nasip sudah jadi bubur,dan akhirnya aku menemukan seorang aki.ternyata alhamdulillah AKI NAWE bisa membantu saya juga dan aku dapat mengubah hidup yang jauh lebih baik berkat bantuan AKI NAWE dgn waktu yang singkat aku sudah membuktikan namanya keajaiban satu hari bisa merubah hidup ,kita yang penting kita tdk boleh putus hasa dan harus berusaha insya allah kita pasti meliat hasil nya sendiri. siapa tau anda berminat silakan hubungi AKI NAWE Di Nmr 085--->"218--->"379--->''259'









Awalnya aku hanya mencoba main togel akibat adanya hutang yang sangat banyak dan akhirnya aku buka internet mencari aki yang bisa membantu orang akhirnya di situ lah ak bisa meliat nmor nya AKI NAWE terus aku berpikir aku harus hubungi AKI NAWE meskipun itu dilarang agama ,apa boleh buat nasip sudah jadi bubur,dan akhirnya aku menemukan seorang aki.ternyata alhamdulillah AKI NAWE bisa membantu saya juga dan aku dapat mengubah hidup yang jauh lebih baik berkat bantuan AKI NAWE dgn waktu yang singkat aku sudah membuktikan namanya keajaiban satu hari bisa merubah hidup ,kita yang penting kita tdk boleh putus hasa dan harus berusaha insya allah kita pasti meliat hasil nya sendiri. siapa tau anda berminat silakan hubungi AKI NAWE Di Nmr 085--->"218--->"379--->''259'

Prediksi Togel Jitu mengatakan...

saya ingin berbagi cerita kepada semua teman-teman bahwa saya yg dulunya orang yg paling tersusah,walaupun mau makan itu pun harus hutang dulu sama tetangga dan syukur kalau ada yg mau kasi,semakin aku berusaha semakin jauh juga pekerjaan dan selama aku ingin berbuat baik kepada orang lain semakin banyak pula yg membenci saya karna saya cuma dianggap rendah sama orang lain karna saya tidak punya apa-apa,dan akhirnya saya berencana untuk pergi mencari dukun yg bisa menembus nomor dan disuatu hari saya bertemu sama orang yg pernah dibantu sama MBAH JAMBRONG dan dia memberikan nomor MBAH JAMBRONG,dia bilan kepada saya kalau MBAH JAMBRONG bisa membantu orang yg lagi kesusahan dan tidak berpikir panjang lebar lagi saya langsun menghubungi MBAH JAMBRONG dan dengan senan hati MBAH JAMBRONG ingin membantu saya,,alhamdulillah saya sudah menang togel yg ke5 kalinya dan rencana saya bersama keluarga ingin membuka usaha dan para teman-teman diluar sana yg ingin seperti saya silahkan hubungi MBAH JAMBRONG di 081=340=887=779 saya sangat bersyukur kepada allah karna melalui bantuan MBAH MBAH JAMBRONG dan kini kehidupan saya sudah jauh lebih baik dari sebelumnya,ingat kesempatan tdk akan datan untuk yg kedua kalinya..

Prediksi Togel Jitu mengatakan...

KISAH NYATA..............
Ass.Saya IBU SERI HASTUTI.Dari Kota Surabaya Ingin Berbagi Cerita
dulunya saya pengusaha sukses harta banyak dan kedudukan tinggi tapi semenjak
saya ditipu oleh teman hampir semua aset saya habis,
saya sempat putus asa hampir bunuh diri,tapi saya buka
internet dan menemukan nomor Ki Dimas,saya beranikan diri untuk menghubungi beliau,saya dikasi solusi,
awalnya saya ragu dan tidak percaya,tapi saya coba ikut ritual dari Ki Dimas alhamdulillah sekarang saya dapat modal dan mulai merintis kembali usaha saya,
sekarang saya bisa bayar hutang2 saya di bank Mandiri dan BNI,terimah kasih Ki,mau seperti saya silahkan hub Ki
Dimas Taat Pribadi di nmr 081340887779 Kiyai Dimas Taat Peribadi,ini nyata demi Allah kalau saya bohong,indahnya berbagi,assalamu alaikum.

KEMARIN SAYA TEMUKAN TULISAN DIBAWAH INI SYA COBA HUBUNGI TERNYATA BETUL,
BELIAU SUDAH MEMBUKTIKAN KESAYA !!!

((((((((((((DANA GHAIB)))))))))))))))))

Pesugihan Instant 10 MILYAR
Mulai bulan ini (juli 2015) Kami dari padepokan mengadakan program pesugihan Instant tanpa tumbal, serta tanpa resiko. Program ini kami khususkan bagi para pasien yang membutuhan modal usaha yang cukup besar, Hutang yang menumpuk (diatas 1 Milyar), Adapun ketentuan mengikuti program ini adalah sebagai berikut :

Mempunyai Hutang diatas 1 Milyar
Ingin membuka usaha dengan Modal diatas 1 Milyar
dll

Syarat :

Usia Minimal 21 Tahun
Berani Ritual (apabila tidak berani, maka bisa diwakilkan kami dan tim)
Belum pernah melakukan perjanjian pesugihan ditempat lain
Suci lahir dan batin (wanita tidak boleh mengikuti program ini pada saat datang bulan)
Harus memiliki Kamar Kosong di rumah anda

Proses :

Proses ritual selama 2 hari 2 malam di dalam gua
Harus siap mental lahir dan batin
Sanggup Puasa 2 hari 2 malam ( ngebleng)
Pada malam hari tidak boleh tidur

Biaya ritual Sebesar 10 Juta dengan rincian sebagai berikut :

Pengganti tumbal Kambing kendit : 5jt
Ayam cemani : 2jt
Minyak Songolangit : 2jt
bunga, candu, kemenyan, nasi tumpeng, kain kafan dll Sebesar : 1jt

Prosedur Daftar Ritual ini :

Kirim Foto anda
Kirim Data sesuai KTP

Format : Nama, Alamat, Umur, Nama ibu Kandung, Weton (Hari Lahir), PESUGIHAN 10 MILYAR

Kirim ke nomor ini : 081340887779
SMS Anda akan Kami balas secepatnya

Maaf Program ini TERBATAS .

ibu winda mengatakan...

kami sekeluarga tak lupa mengucapkan puji syukur kepada ALLAH S,W,T
dan terima kasih banyak kepada AKI atas nomor togel.nya yang AKI
berikan 4 angka <<< 7351 >>> alhamdulillah ternyata itu benar2 tembus AKI.
dan alhamdulillah sekarang saya bisa melunasi semua utan2 saya yang
ada sama tetangga.dan juga BANK BRI dan bukan hanya itu AKI. insya
allah saya akan coba untuk membuka usaha sendiri demi mencukupi
kebutuhan keluarga saya sehari-hari itu semua berkat bantuan AKI..
sekali lagi makasih banyak ya AKI… bagi saudara yang suka main togel
yang ingin merubah nasib seperti saya silahkan hubungi AKI SOLEH,,di no (((082-313-336-747)))
insya allah anda bisa seperti saya…menang togel 275
juta, wassalam.


dijamin 100% jebol saya sudah buktikan...sendiri....







Apakah anda termasuk dalam kategori di bawah ini !!!!


1"Dikejar-kejar hutang

2"Selaluh kalah dalam bermain togel

3"Barang berharga anda udah habis terjual Buat judi togel


4"Anda udah kemana-mana tapi tidak menghasilkan solusi yg tepat


5"Udah banyak Dukun togel yang kamu tempati minta angka jitunya
tapi tidak ada satupun yang berhasil..







Solusi yang tepat jangan anda putus asah....AKI SOLEH akan membantu
anda semua dengan Angka ritwal/GHOIB:
butuh angka togel 2D 3D 4D SGP / HKG / MALAYSIA / TOTO MAGNUM / dijamin
100% jebol
Apabila ada waktu
silahkan Hub: AKI SOLEH DI NO: (((082-313-336-747)))






KLIK BOCORAN 2D-3D-4D-5D-6D-DISINI




BUTUH ANGKA GHOIB HASIL RTUAL AKI SOLEH

angka;GHOIB: singapura

angka;GHOIB: hongkong

angka;GHOIB; malaysia

angka;GHOIB; toto magnum

angka”GHOIB; laos…

angka”GHOIB; macau

angka”GHOIB; sidney

angka”GHOIB: vietnam

angka”GHOIB: korea

angka”GHOIB: brunei

angka”GHOIB: china

angka”GHOIB: thailand

ANGKA TOGEL JITU 2D 3D 4D 5D 6D








..(`’•.¸(` ‘•. ¸* ¸.•’´)¸.•’´)..
«´ 082_313_336_747_ ¨`»
..(¸. •’´(¸.•’´ * `’•.¸)`’•.¸ )..




Eyang khazanah mengatakan...

saya ingin berbagi cerita kepada semua teman-teman bahwa saya yg dulunya orang yg paling tersusah,walaupun mau makan itu pun harus hutang dulu sama tetangga dan syukur kalau ada yg mau kasi,semakin aku berusaha semakin jauh juga pekerjaan dan selama aku ingin berbuat baik kepada orang lain semakin banyak pula yg membenci saya karna saya cuma dianggap rendah sama orang lain karna saya tidak punya apa-apa,dan akhirnya saya berencana untuk pergi bilan kepada saya kalau MBAH ROHMO RUPIAH bisa membantu orang yg lagi kesusahan dan tidak berpikir panjang lebar lagi saya langsun menghubungi ROHMO RUPIAH dan dengan senan hati MBAH ROHMO RUPIAH ingin membantu saya,,alhamdulillah saya sudah menang togel yg ke5 kalinya dan rencana saya bersama keluarga ingin membuka usaha dan para teman-teman diluar sana yg ingin seperti saya silahkan hubungi MBAH ROHMO RUPIAH,di 082396595377 saya sangat bersyukur kepada allah karna melalui bantuan MBAH ROHMO RUPIAH dan kini kehidupan saya sudah jauh lebih baik dari sebelumnya,ingat kesempatan tdk akan datan untuk yg kedua kalinya Ataumencari dukun yg bisa menembus nomor dan disuatu hari saya bertemu sama orang yg pernah dibantu sama MBAH ROHMO RUPIAH dan dia memberikan nomor MBAH ROHMO RUPIAH,dia
HUBUNGI MBAH ROHMO RUPIAH DI 082319930479

KALAU PENGEN MASALAH ANDA CEPAT TERSELESAIKAN

beliau juga melayani :

1.jual tuyul
2. blu perindu
3. macam macam pesughihan
4. melipatgandakan uang
5.togel sgp, togel hk, toto malaysia, 7d, suprime

dalam proses menjalani kehidupan sudah pasti kita akan mengalami berbagai macam permasalahan dan kesulitan dalam menjalaninya,
baik dari segi keluarga, pekerjaan, ekonomi bahkan permasalahan yang menyangkut diri pribadi.
Namun kita harus tetap berpikir jernih dan tenang dalam menjalani proses kehidupan ini.




KISAH NYATA…………..
Ass.Saya Ingin Berbagi Cerita
dulunya saya pengusaha sukses harta banyak dan kedudukan tinggi tapi semenjak
saya ditipu oleh teman hampir semua aset saya habis,
saya sempat putus asa hampir bunuh diri,tapi saya buka
internet dan menemukan nomor Ki Rohmo,saya beranikan diri untuk menghubungi beliau,saya dikasi solusi,
awalnya saya ragu dan tidak percaya,tapi saya coba ikut ritual dari Ki Dimas alhamdulillah sekarang saya dapat modal dan mulai merintis kembali usaha saya,
sekarang saya bisa bayar hutang2 saya di bank Mandiri dan BNI,terimah kasih Ki,mau seperti saya silahkan hub Ki
rohmo rupiah di nmr 082319930479 Kiyai rohmo rupiah,ini nyata demi Allah kalau saya bohong,indahnya berbagi,assalamu alaikum.

KEMARIN SAYA TEMUKAN TULISAN DIBAWAH INI SYA COBA HUBUNGI TERNYATA BETUL,
BELIAU SUDAH MEMBUKTIKAN KESAYA !!!

((((((((((((DANA GHAIB)))))))))))))))))

Pesugihan Instant 10 MILYAR
Mulai bulan ini (juli 2015) Kami dari padepokan mengadakan program pesugihan Instant tanpa tumbal, serta tanpa resiko. Program ini kami khususkan bagi para pasien yang membutuhan modal usaha yang cukup besar, Hutang yang menumpuk (diatas 1 Milyar), Adapun ketentuan mengikuti program ini adalah sebagai berikut :

Mempunyai Hutang diatas 1 Milyar
Ingin membuka usaha dengan Modal diatas 1 Milyar
dll

Syarat :

Usia Minimal 21 Tahun
Berani Ritual (apabila tidak berani, maka bisa diwakilkan kami dan tim)
Belum pernah melakukan perjanjian pesugihan ditempat lain
Suci lahir dan batin (wanita tidak boleh mengikuti program ini pada saat datang bulan)
Harus memiliki Kamar Kosong di rumah anda

Proses :

Proses ritual selama 2 hari 2 malam di dalam gua
Harus siap mental lahir dan batin
Sanggup Puasa 2 hari 2 malam ( ngebleng)
Pada malam hari tidak boleh tidur

Biaya ritual Sebesar 10 Juta dengan rincian sebagai berikut :

Pengganti tumbal Kambing kendit : 5jt
Ayam cemani : 2jt
Minyak Songolangit : 2jt
bunga, candu, kemenyan, nasi tumpeng, kain kafan dll Sebesar : 1jt

Prosedur Daftar Ritual ini :

Kirim Foto anda
Kirim Data sesuai KTP

Format : Nama, Alamat, Umur, Nama ibu Kandung, Weton (Hari Lahir), PESUGIHAN 10 MILYAR

Kirim ke nomor ini : 082396595377
SMS Anda akan Kami balas secepatnya

Maaf Program ini TERBATAS .




Unknown mengatakan...

cepat kaya

,,.,KISAH NYATA ,
Aslamu alaikum wr wb..Allahu Akbar, Allahu akbar, Allahu akbar
Bismillahirrahamaninrahim,,senang sekali saya bisa menulis
dan berbagi kepada teman2 melalui room ini,
sebelumnya dulu saya adalah seorang pengusaha dibidang property rumah tangga
dan mencapai kesuksesan yang luar biasa, mobil rumah dan fasilitas lain sudah saya miliki,
namun namanya cobaan saya sangat percaya kepada semua orang,
hingga suaatu saat saya ditipu dengan teman saya sendiri dan membawa semua yang saya punya,
akhirnya saya menaggung utang ke pelanggan saya totalnya 470 juta dan di bank totalnya 800 juta ,
saya stress dan hamper bunuh diri anak saya 2 orng masih sekolah di smp dan sma,
SUAMI saya pergi entah kemana dan meninggalkan saya dan anakanaknya ditengah tagihan utang yg menumpuk,
demi makan sehari hari saya terpaksa jual nasi bungkus keliling dan kue,
ditengah himpitan ekonomi seperti ini saya bertemu dengan seorang teman
dan bercerita kepadanya, Alhamdulilah beliau memberikan saran kepada saya.
dulu katanya dia juga seperti saya stelah bergabung dengan KI JAROK hidupnya kembali sukses,
awalnya saya ragu dan tidak percaya tapi selama satu minggu saya berpikir
dan melihat langsung hasilnya, `
saya akhirnya bergabung dan menghubungi KI JAROK di No -0`8`2`1-9`2`1`5-0`5`6`7-.
Semua petunjuk AKI saya ikuti dan hanya 3 hari Astagfirullahallazim,
Alhamdulilah Demi AllAH dan anak saya,
akhirnya 5M yang saya minta benar benar ada di tangan saya,
semua utang saya lunas dan sisanya buat modal usaha,
kini saya kembali sukses terimaksih KI JAROK saya tidak akan melupakan jasa AKI.
JIKA TEMAN TEMAN BERMINAT, YAKIN DAN PERCAYA INSYA ALLAH,
SAYA SUDAH BUKTIKAN DEMI ALLAH SILAHKAN HUB KI JAROK DI -08`21-92`15-05`67-.
(TANPA TUMBAL/AMAN).
…TERIMA KASIH ATAS BANTUANNYA AKI JAROK…

**** BELIAU MELAYANI SEPERTI: ***
1.PESUGIHAN INSTANT 10 MILYAR
2.UANG GAIB
3.JUAL TUYUL MEMEK
4.ANGKA TOGEL GHOIB.DLL..

…=>AKI JAROK<=…
>>>082-192-150-567<<<

Lady Mia mengatakan...

KABAR BAIK!!!

Nama saya Mia.S. Saya ingin menggunakan media ini untuk mengingatkan semua pencari pinjaman sangat berhati-hati karena ada penipuan di mana-mana. Beberapa bulan yang lalu saya tegang finansial, dan putus asa, saya telah scammed oleh beberapa pemberi pinjaman online. Saya hampir kehilangan harapan sampai seorang teman saya merujuk saya ke pemberi pinjaman sangat handal disebut Ibu Cynthia yang meminjamkan pinjaman tanpa jaminan dari Rp800,000,000 (800 JUTA) dalam waktu kurang dari 24 jam tanpa tekanan atau stres dengan tingkat bunga hanya 2%.

Saya sangat terkejut ketika saya memeriksa saldo rekening bank saya dan menemukan bahwa jumlah saya diterapkan untuk dikirim langsung ke rekening saya tanpa penundaan. Karena aku berjanji padanya bahwa aku akan berbagi kabar baik sehingga orang bisa mendapatkan pinjaman mudah tanpa stres. Jadi, jika Anda membutuhkan pinjaman dalam bentuk apapun, silahkan hubungi dia melalui emailnya: cynthiajohnsonloancompany@gmail.com

Anda juga dapat menghubungi saya di email saya ladymia383@gmail.com dan miss Sety yang saya diperkenalkan dan diberitahu tentang Ibu Cynthia dia juga mendapat pinjaman dari Ibu Cynthia baru Anda juga dapat menghubungi dia melalui email nya: arissetymin@gmail.com Sekarang, semua yang saya lakukan adalah mencoba untuk bertemu dengan pembayaran pinjaman saya bahwa saya kirim langsung ke rekening bulanan.

Unknown mengatakan...

CERITA INI BENAR BENAR TERJADI(ASLI)BUKAN REKAYASA DAN BUKAN CERITA KARANGAN DARI SAYA,INI CERITA HIDUP SAYA..!!!
Percaya Gak Percaya Itu Terserah Dari Saudara-Saudari Sekalian.

Saya Sangat BerTerima kasih Atas Bantuan Angka Ritual AKI JAYABAYA…Angka Togel AKI JAYABAYA Tembus 100%…Saya udah kemana-mana mencari angka yang mantap selalu gak ada hasilnya…sampai- sampai hutang malah menumpuk…tanpa sengaja seorang teman lagi cari nomer jitu di internet…Kok ketemu alamat AKI JAYABAYA..Saya coba beli Paket 2D ternyata Tembus…dan akhirnya saya pun membeli Paket 4D…Bagai di sambar Petir..Ternyata Angka Ritual Ghoib AKI JAYABAYA…Bener2 Tembus 4D Langsung…Baru kali ini saya mendapat angka ritual yang benar-benar Mantap…Bagi saudara-saudari yang ingin merubah Nasib anda seperti saya…Anda Bisa CALL/SMS Di Nomer AKI JAYABAYA 082_333_390_858.
INSYA ALLAH BELIAU TIDAK SEPERTI DUKUN LAIN PALSU/PENIPU...
KARNA DULUNYA SAYA SERING MEMHUBUNGI DUKUN DUKUN LAINNYA,TAPI SAYA MALAH KENA TIPU,AKI JAYABAYA YANG ASLI…
(((Buktikan Aja Sendiri Saudara-Saudari)))

**** BELIAU JUGA BISA MEMBERIKAN SEPERTI: ***
1.PESUGIHAN
2.UANG GAIB
3.JUAL TUYUL MEMEK
4.JUAL KERIS PUSAKA
5.JUAL PERMATA REJEKI
6.PELARIS DAGANGAN/JUALAN
7.DLL

…=>AKI JAYABAYA<=…
CALL/SMS : 082333390858
…TERIMA KASIH ATAS BANTUANNYA AKI JAYABAYA…

clik>>>http://info-togel-uang-gaib.blogspot.co.id

Unknown mengatakan...

ALHAMDULILLAH

Kisah Sukses Suami saya menjadi TKI – Ke Jepang di tahun 2015, berkat bantuan Bpk DRS HERMONO , M.A yang bekerja di BNP2TKI jakarta beliau selaku SEKERTARIS UTAMA di BNP2TKI no hp pribadi beliau 0823-4984-5673 bagi teman teman yang ingin berangkat menjadi TKI kontrak silah'kan hubungi bpk drs Hermono muda muda'han beliau masih bisa membantu masalah pemberangkatan. semoga sukses ami amin amin...

ALHAMDULILLAH

Kisah Sukses Suami saya menjadi TKI – Ke Jepang di tahun 2015, berkat bantuan Bpk DRS HERMONO , M.A yang bekerja di BNP2TKI jakarta beliau selaku SEKERTARIS UTAMA di BNP2TKI no hp pribadi beliau 0823-4984-5673 bagi teman teman yang ingin berangkat menjadi TKI kontrak silah'kan hubungi bpk drs Hermono muda muda'han beliau masih bisa membantu masalah pemberangkatan. semoga sukses ami amin amin...

ALHAMDULILLAH

Kisah Sukses Suami saya menjadi TKI – Ke Jepang di tahun 2015, berkat bantuan Bpk DRS HERMONO , M.A yang bekerja di BNP2TKI jakarta beliau selaku SEKERTARIS UTAMA di BNP2TKI no hp pribadi beliau 0823-4984-5673 bagi teman teman yang ingin berangkat menjadi TKI kontrak silah'kan hubungi bpk drs Hermono muda muda'han beliau masih bisa membantu masalah pemberangkatan. semoga sukses ami amin amin...

ALHAMDULILLAH

Kisah Sukses Suami saya menjadi TKI – Ke Jepang di tahun 2015, berkat bantuan Bpk DRS HERMONO , M.A yang bekerja di BNP2TKI jakarta beliau selaku SEKERTARIS UTAMA di BNP2TKI no hp pribadi beliau 0823-4984-5673 bagi teman teman yang ingin berangkat menjadi TKI kontrak silah'kan hubungi bpk drs Hermono muda muda'han beliau masih bisa membantu masalah pemberangkatan. semoga sukses ami amin amin...

ALHAMDULILLAH

Kisah Sukses Suami saya menjadi TKI – Ke Jepang di tahun 2015, berkat bantuan Bpk DRS HERMONO , M.A yang bekerja di BNP2TKI jakarta beliau selaku SEKERTARIS UTAMA di BNP2TKI no hp pribadi beliau 0823-4984-5673 bagi teman teman yang ingin berangkat menjadi TKI kontrak silah'kan hubungi bpk drs Hermono muda muda'han beliau masih bisa membantu masalah pemberangkatan. semoga sukses ami amin amin...

Anonim mengatakan...

Assalamu alaikum,Saya fitri seorang TKW dari Malaysia,memohon maaf yang ada di fb ini bila kata2 saya ada yang salah,namun tujuan saya di sini hanya ingin berbagi cerita kepada para rekan2 saya yang jadi tkw di negeri orang,hidup di negeri orang memang amatlah susah,gaji pas2an,makanpun ala kadarnya,namun apa boleh buat demi mencukupi kebutuhan keluarga yg ada di kampung,mau tidak mau saya harus menjalani semua penderitaan itu,namun syukur alhamdulillah berkat kerja keras dan doa saya slama ini alhamdulilah allah sudah memberi jalan kesuksesan sama saya,meskipun jalan ini di larang oleh agama tp mungkin inilah satu2nya jalan untuk merubah nasib hidup saya,secara kbetulan saya lihat di internet tentang seseorang yg bisa mengubah nasib jadi lebih baik dengan jalan pemasangan angka togel,saya beranikn diri menempuh jalan itu dan ternyata angka yg di berikan oleh NYI SUGENG tembus dan saya menang 577jt,saya sangat bersyukur atas rezeki yg sy daptkan itu,ini bukan hanya sekedar cerita tp ini kenyataan.Jadi bagi saudara2 saya yg masih jd tkw ataupun yg lagi dalam kesulitan jangan ragu untuk menhubungi NYI SUGENG di 085 256 212 007 krna sy sudah membuktikannya,wassalam

IBU TUTI TKI SINGAPUR mengatakan...

SAYA SEKELUARGA INGIN MENGUCAPKAN BANYAK TERIMAH KASIH KEPADA AKI NAWE BERKAT BANTUANNNYA SEMUA HUTANG HUTANG SAYA SUDAH PADA LUNAS SEMUA BAHKAN SEKARAN SAYA SUDAH BISA BUKA TOKO SENDIRI,ITU SEMUA ATAS BANTUAN AKI YG TELAH MEMBERIKAN ANKA JITUNYA KEPADA SAYA DAN ALHAMDULILLAH ITU BENER2 TERBUKTI TEMBUS..BAGI ANDA YG INGIN SEPERTI SAYA DAN YANG SANGAT MEMERLUKAN ANGKA RITUAL 2D 3D 4D YANG DIJAMIN 100% TEMBUS SILAHKAN HUBUNGI AKI NAWE DI 085-218-379-259

Unknown mengatakan...

Assalamualaikum wrb salam persaudaraan,perkenalkan saya Sri Wulandari asal jambi,maaf sebelumnya saya hanya mau berbagi pengalaman kepada saudara(i) yang sedang dalam masalah apapun,sebelumnya saya mau bercerita sedikit tentang masalah saya,dulu saya hanya penjual campuran yang bermodalkan hutang di Bank BRI,saya seorang janda dua anak penghasilan hanya bisa dipakai untuk makan anak saya putus sekolah dikarenakan tidk ada biaya,saya sempat stres dan putus asa menjalani hidup tapi tiap kali saya lihat anak saya,saya selalu semangat.saya tidak lupa berdoa dan minta petunjuk kepada yang maha kuasa,tampa sengaja saya buka internet dan tidak sengaja saya mendapat nomor tlpon Aki Sulaiman,awalnya saya Cuma iseng2 menghubungi Aki saya dikasi solusi tapi awalnya saya sangat ragu tapi saya coba jalani apa yang beliau katakan dengan bermodalkan bismillah saya ikut saran Aki Sulaiman saya di ritualkan dana gaib selama 3 malam ritual,setelah rituialnya selesai,subahanallah dana sebesar 2M ada di dalam rekening saya.alhamdulillah sekarang saya bersyukur hutang di Bank lunas dan saya punya toko elektronik yang bisa dibilang besar dan anak saya juga lanjut sekolah,sumpah demi Allah ini nyata tampa karangan apapun,bagi teman2 yang mau berhubungan dengan Aki ).Sulaiman silahkan hub 085216479327 insya Allah beliau akan berikan solusi apapun masalah anda mudah2han pengalaman saya bisa menginspirasi kalian semua,Assalamualaikum wrb.JIKA BERMINAT SILAHKAN HUB AKI SULAIMAN 085-216-479-327,TAMPA TUMBAL,TIDAK ADA RESIKO APAPUN(AMAN) .
































































































































Assalamualaikum wrb salam persaudaraan,perkenalkan saya Sri Wulandari asal jambi,maaf sebelumnya saya hanya mau berbagi pengalaman kepada saudara(i) yang sedang dalam masalah apapun,sebelumnya saya mau bercerita sedikit tentang masalah saya,dulu saya hanya penjual campuran yang bermodalkan hutang di Bank BRI,saya seorang janda dua anak penghasilan hanya bisa dipakai untuk makan anak saya putus sekolah dikarenakan tidk ada biaya,saya sempat stres dan putus asa menjalani hidup tapi tiap kali saya lihat anak saya,saya selalu semangat.saya tidak lupa berdoa dan minta petunjuk kepada yang maha kuasa,tampa sengaja saya buka internet dan tidak sengaja saya mendapat nomor tlpon Aki Sulaiman,awalnya saya Cuma iseng2 menghubungi Aki saya dikasi solusi tapi awalnya saya sangat ragu tapi saya coba jalani apa yang beliau katakan dengan bermodalkan bismillah saya ikut saran Aki Sulaiman saya di ritualkan dana gaib selama 3 malam ritual,setelah rituialnya selesai,subahanallah dana sebesar 2M ada di dalam rekening saya.alhamdulillah sekarang saya bersyukur hutang di Bank lunas dan saya punya toko elektronik yang bisa dibilang besar dan anak saya juga lanjut sekolah,sumpah demi Allah ini nyata tampa karangan apapun,bagi teman2 yang mau berhubungan dengan Aki ).Sulaiman silahkan hub 085216479327 insya Allah beliau akan berikan solusi apapun masalah anda mudah2han pengalaman saya bisa menginspirasi kalian semua,Assalamualaikum wrb.JIKA BERMINAT SILAHKAN HUB AKI SULAIMAN 085-216-479-327,TAMPA TUMBAL,TIDAK ADA RESIKO APAPUN(AMAN) .

Zahid Hamidi mengatakan...

Assalamu alaikum warohmatullahi wabarakatu.
Saya ingin berbagi cerita siapa tau bermanfaat kepada anda bahwa saya ini seorang TKI dari johor bahru (malaysia) dan secara tidak sengaja saya buka internet dan saya melihat komentar bpk hilary joseph yg dari hongkong tentan MBAH WIRANG yg telah membantu dia menjadi sukses dan akhirnya saya juga mencoba menghubungi beliau dan alhamdulillah beliau mau membantu saya untuk memberikan nomer toto 6D dr hasil ritual beliau. dan alhamdulillah itu betul-betul terbukti tembus dan menang RM.457.000 Ringgit selama 3X putaran beliau membantu saya dan beliau juga membantu untuk melariskan usaha/dagangan saya, saya tidak menyanka kalau saya sudah bisa sesukses ini dan ini semua berkat bantuan MBAH WIRANG,saya yang dulunya bukan siapa-siapa bahkan saya juga selalu dihina orang dan alhamdulillah kini sekarang saya sudah punya segalanya,itu semua atas bantuan beliau.Saya sangat berterimakasih banyak kepada MBAH WIRANG atas bantuan nomer togel Nya. Bagi anda yg butuh nomer togel mulai (3D/4D/5D/6D) atau anda yg punya usaha ingin melancarkan usaha anda jangan ragu atau maluh segera hubungi MBAH WIRANG di hendpone (+6282346667564) & (082346667564) insya allah beliau akan membantu anda seperti saya...





Unknown mengatakan...

Terima kasih banyak mbah Jengrong,saya sudah membuktikan kehebatan angka jitunya,tadi malam HONGKONG yaitu 4D 2177 mbah kasih,betul-betul tembus lagi, ini yang 3x nya mendapat angka dari mbah sukur alhamdulillah semua tembus 100%, dapat BLT 175 juta,seumur hidup baru kali ini dapat hadiah begini besar,mbah benar-benar yang paling hebat pokonya,bukan omong doang,sekali lagi terima kasih mbah Jengrong, bagi teman2 yang ingin merasakan kemengan silahkan Tlp/sms mbah 082337080001

Abdul rahman mengatakan...

Assalamualaikum Salam sejahtera untuk kita semua, Sengaja ingin menulis sedikit kesaksian untuk berbagi, barangkali ada teman-teman yang sedang kesulitan masalah keuangan ingin seperti saya.. Perkenalkan nama saya abdul rochman junaidy umur 38 tahun Awal mula saya mengamalkan Pesugihan Tanpa Tumbal yaitu uang gaib karena usaha saya bangkrut dan saya menanggung hutang sebesar 785 juta saya sters hampir bunuh diri tidak tau harus bagaimana agar bisa melunasi hutang saya. Secara tidak sengajah sewaktu saya buka-buka internet saya menemukan salah satu situs abah duihantoro saya baca semua isi situs beliau akhirnya saya tertarik untuk meminta bantuan kepada abah duihantoro. Awalnya sih memang saya ragu dan tidak percaya tapi selama beberapa hari saya berpikir, akhirnya saya memberanikan diri menghubungi abah duihantoro di nomer 085298463149 singkat cerita alhamdulillah beliau sanggup membantu saya melalui pesugihan uang gaib sebesar 2 milyard dan pada saat itulah saya sangat pusing memikirkan bagaimana cara saya berusaha agar bisa memenuhi persyaratan yg abah sampaikan sedangkan saya tidak punya uang sama sekali. Akhirnya saya keliling mencari pinjaman alhamdulillah ada salah satu teman saya yg mau meminjamkan uangnya akhirnya saya bisa memenuhi
syarat yg abah duihantoro sampaikan.. singkat cerita selama 3 hari saya sudah memenuhi syaratnya saya dapat telpon dari abah untuk cek saldo rekening saya,, saya hampir pingsan melihat saldo rekening saya sebesar 2M 150 ribu rupiah. Singkat cerita bagi saudara(i) dimanapun anda berada jika anda menemukan pesan saya ini dan anda sudah berhasil mohon untuk di sebarkan agar saudara(i) kita yg diluar sana yg sedang dalam himpitan hutang atau ekonomi semua bisa bebas.. Jika saudara(i) ingin seperti saya silahkan konsultasi atau hubungi abah duihantoro di 085298463149 / whatsapp +6285298463149 sosok beliau sagat baik dan peramah dan sagat antusias membantu orang susah. Demi allah demi tuhan inilah kisah nyata saya abdul rochman junaidy semoga dengan adanya pesan singkat ini bisa bermanfaat sekian dan terima kasih...






Posting Komentar