A.
Prinsip-prinsip
umum dalam kepemimpinan
Agar seorang pemimpin
dapat memberikan komando dan yang dipimpinnya dpat mengambil inisiatf dlam
mencapai tujuan yang diharpkan, maka ada beberapa prinsip kepemimpinanan yang
harus dipenuhi, antara lain:
1.
Harus menpunyai visi dan misi serta
tujuan yang jelas, jika perlu diterapkan tahapan-tahapan pencapayan tersebut, ada
semacam preoritas. Mana yang lebih dulu untuk dikerjakan dan mana hendak
dilakukan kemudian.
2.
Perumusan pokok dan fungsi setiap unit
(bgian) organisasi juga harus jelas, tidak ada tumpang tindih dalam pembagian
tugas.
3.
Pendelegasian dalam wewenang harus
jelas.
4.
Adanya keseimbangan antara wewenang dan
tanggung jawab.
Poin kempat ini sangat penting untuk
diperhatikan dalam sebuah kepemimpinana organisasi, tanggung jawab antara pemimpin dengan yang
dipimpin harus seimbang dengan hak dankewajiban yang dipikulnya. Hal ini harus
sebandin dengan besar kecilnya organisasi dimana ia menjadi anggutanya, semakin
besar beban yang dipikulnya atau semakin besar
organisasi yang ia menjadi anggotanya. Maka akan semakain besar hak dan
kewajibannya yang disandangnya.
Agar
hak dan kewajibannya yang semakin besar itu dapat dileksanakan dengan baik dan
dapat dipertanggung jawabkan, maka diperlukan peningkatan kualitas orang yang
diserahi hak dan tanggung jawab tersebut. Misalnya, kualitas seseorang “kepala
bagian” harus lebih tinggi daripadanya “ kepala seksi” sebab kepala bagian yang
memimpin organisasi yang lebih besar dari kepala seksi, disinilah seorang
pemimpin harus cakap dalam memilih personil yang diserahi tugas pemimpin suatu
unit (bagian) secara tepat kekeliruan
dalam memilih personil akan berakibat
runtuhnya wibawa seorang pemimpin.
B. Prinsip-prinsip kepemimpinana islam
Sebagai
agama yang sesuai dengan fitrah manusia, islam memberikan prinsip-prinsip dasar
dan tata nilai dalam mengelola organisasi atau pemerintahan.ada beberapa hal
yang disaratkan dalam al-quran dan
sunnah mengenai beberapa prinsip pokok dalam tata nilai yang berkaitan dengan
kepemimpinan, kehidupan bermasyarakat, berorganisasi, bernegara (kehidupan
politik) termasuk didalamnya dalam sistem pemerintahan yang notabenenya
merupakan kontrak sosial.
Dalam pemerintahan islam prinsip-prinsip atau nilai-nilai tersebut antaralain:
1.
prinsip tauhid
prinsip tauhid
merupakan salah satu dasar dalam kepemimpinan ( pemerintahan islam) hal ini
dapat dilihat dengan cara menyimak
sejarah islam itu sendir, sebab perbedaan akidah yang fundamental dapat menjadi
pemicu dan pemacu kekacauan suatu umat, oleh sebab itu, islam mengajak kearah satu kesatuan akidah diatas
dasar yang dapat diterima oleh berbagai
umat, yakni tauhid,
2.
Prinsip syura (musawarah)
secara
etimologi, konsep “syura” terambil dari kata sya,wa,ra, yang artinya
mengeluarkan madu dari sarang lebah. Maka ini berkembang sehingga mencakup
segala sesuatu yang dapat dikeluarkan, termasuk “pendapat”. Sehingga musyawarah
dapat berarti mengeluarkan atau mengajukan suatu pendapat. Musyawaera (syura)
pada dasarnya digunakan pada hal-hal yang baik, sejalan dengan makana dasarnya.
Dengan kata lain, keputusan musyawarah tidak dapat digunakan untuk mengabsahkan
perbuatan yang akan menindas pihak lain dan tidak sejalan dengan nilai-nilai
kemanusiaan. Meminjam kata al-quran, jangan sampai syura itu bertujuan mengalahkan
yang haram dan mengharamkan yang halal yang jelas-jelas di-nash dalam al-quran
atau sunnah. Dalam menetapkan keputusan yang berkaitan dengan kehihidupan berorganisasi dan bermasyarakat, manusia
paling tidak mempunyai 3 cara yaitu:
a.
Keputusan yang ditetapkan oleh penguasa
b.
Keputusan yang ditetapkan oleh pandangan
minoritas,
c.
Keputusan yang ditetapkan
berdasarkan pandangan mayoritas.
Yang ketigad ini
biasanya menjadi ciri umum demokrasi,
meskipun harus dicatat bahwa “demokrasi tidak identik dengan syura”.
Prinsip
musyawarah dalam islam jelas tidak sesuai dengan keputusan pertama, sebab hal
itu kan membuat syura menjadi “impoten”
dan lumpuh. Demikian pula pada bentuk kedua,sebab hal itu akan menyisihkan
pertanyaan, apakah keistimewaannya pendapat minoritas sehingga mengalahkan
pendapat mayoritas? Memang ada sebagian perkara yang menolak otoritas mayoritas
brdasarkan pirman allah: tidak sama yang buruk dengan yang baik, wlaupun
banyaknya yang buruk itu menyenangkan kamu. (QS.AL-MAIDAH:100)
Namun
demikian pandangan tersebut sulit diterima, sebab ayat itu bukan bicata konteks
musyawarah, melainkan dalam konteks petunjuk allah yang diberikan para nabi dan
ditolak oleh sebagian anggota masyarakat pada masa itu.walaupun syura dalam
islam membenarkan keputusan pendapat mayoritas, hal itu tidak bersipat mutlak.
Demikian antaralain pandangan yang dikemukakan oleh ahmad kamal abu al-majad dalam kitabnya “hiwar al mujahah” sebagaiman
dikutip oleh quraish shihab. Sebab keputusan pendpat mayoritas tidk boleh
menindas keputusan yang minoritas,
melainkan tetap memberikan ruang gerak bagi mereka yang minoritas, lebih dari
itu, dalam islam suara mayoritas tidak boleh berseberangan dengan prinsp dasar
syariat.
Dengan
demikian “syura” sesungguhnya hanya merupakan salah satu nilai dari demokrasi.
Cara untuk memelihara dan memperjuaangkan “kebenaran” dan “keadilan” yang notabenenya sebagai landasan demokrasid
itu adalah melalui “syura” (musyawarah). Jadi, permusyawaratan atau syura bukan
demokrasinya sendiri, melainkan untuk apa muyawarah itu dilakukan. Pertama.
Pertama, untuk menjamin dan mengembangkan kebebasan warga negara. Kedua, untuk
menegakkan keadilan.
3.
Prinsip keadilan (al-adalah)
Dalam
me-manage pemerintah, keadilan (al-adalah) menjadi suatu keniscayaan, sebab
pemerintah dibentuk antara lain agar tercipta suasana masyarakat yang adil dan
makmur. Tidaklah berlebihan kiranya jika kemusian syekh al-mawardi dalam
kitabnya ahakam as-sultahniyyah, merumuskan syarat yang pertama bagi seorang imam
atau pemimpin negara adalah punya sifat al-adalah atau adil. Bahkan ada
sebagian ulama ada yang berpendapat bahwa pemerintahan yang adil dibawah
pemimpin yang karif itu lebih baik dibanding pemimpin islam tapi zalim. Karna
keadilan dalam memimpin merupakan syarat yang mutlak bagi terciptanya
stabilitas sosial yang “sesungguhnya”, bukan stabilitas yang “seolah-olah” karena
ada tekanan.
Menurut
plato dalam konsep bernegara, keadilan berarti bahwa seseorang membatasi
dirinya pada kerja dan tempat dalam kehidupan yang sesuai dengan panggilan
kecakapan dan kesanggupannya. Keadilan terletak pada kesesuaian dalam fungsi disuatu pihak dan kecakapan dan
kesanggupan di pihak lain.
Dalam al-quran, kata
al-adal dalam berbagai bentuknya terulang dua puluh delapan kali. Paling tidak ada
empat makna keadilan yang di kemukakan oleh para ulama tentang keadilan
a.
Adil dalam arti sama. Artinya, tidaka
membeda-bedakan satu sama lain, persamaan yang dimaksud adalah persamaan hak.
Ini dilakukan dalam memutuskan hukum.
b.
Adil dalam arti seimbang. Di sini
keadilan identik dengan kesesuaian (kepropisionalan) bukan lawan kata dari
kezaliman.dalam hal ini kesesuaian atau keseimbangan tidak mengharuskan
persamaan kadar. Bisa saja suatu bagian berukuran kecil atau besar sedangkan
besar kecilnya ditentukan oleh fungsi yang diharapkan dirinya.
c.
Adil dalam arti perhatiaan terhadap
hak-hak individu dan memberikan halk itu kepada pemiliknya.inilah yang sering
dikenal dalam islam dengan istilah “wadh’u –asy-ayai’ fi mahallihi”, artinya
meletakkan suatu pada tempatnya. Keadilan dalam hal ini dapat di artikan
sebagai lawan dari kezaliman.
d.
Keadilan yang dinisabkan kepada allah.
Adil disini berarti memilihhara kewajaran atas berlanjutnya eksistensi, tidak
mencegah kelanjutan eksistensi. Dalam hal ini pada hakekatnya allah
memeikih hak atas semuanya yang ada,
sedangkan semua yang ada, memiliki sesuatu disisinya. Bahwa akal manusia
kadang-kadang tidak tau atau belum mampu menangkap keadilan allah. Banyak
fenomena yang kadang membuat manusia bertanya dalam makna keadilan allah,
sementara dia telah berbuat baik, tapi malah terzalimi dan sebagainya.
Dalam keempat makna
keadilan tersebut maka keadilan tersebut, maka sistem pemerintahan dalam islam
yang ideal, ternyata juga dapat mencerminkan nilai-nilai keadilan
tersebut, yang meliputi persamaan hak di
depan hukum, keseimbangan (kepropisionalan) dalam me- manage kekayaan alam
misalnya, distribusi pembangunan, adanya
blancing power antara pihak
pemeerintah dengan rakyat, memperhatikan hak-hak individu dan memberikan hak
tersebut pada pemiliknya.
4.
Perinsip kebebasan ( al- hurriyyah )
Kebebasan
atau al- hurryyah dalam pandangan al-quran sangat dijunjung tinggi, termasuk kebebasan dalam menuntut pilihan
agama sekalipun. Bahkan secara tersurat allah memberikan kebebasan apakah orang
itu mau beriman atau kafir terserah. Sebab kebebasan merupakan hak setiap
manusia yang diberikan allah swt. Tidsk ada pencabutan hak atas kebebasan
kecuali di bawah dan setelah melalui proses hukum.
Namun
demikian, kebebasan yang dituntut oleh islam adalah kebebasan yang bertanggung
jawab. Kebebasan disini juga bukan beraeti kebebasan tanpa batas, semaunya
sendiri, melainkan kebebasan yang dibatasi oleh kebebasan orang lain. Sebagai contoh,
seseorang tidak boleh dengan dalih kebebasan, kemudian membunyikan radio
sekeras-kerasnya, namun pada saat yang bersamaan lalu mengganggu kebbebasan orang
lain untuk istirahat dengan nyaman lantaran bunyi radio tersebut.
Dalam
konteks kehidupan politik, setiap individu dan bangsa mempunyai hak yang tak
terpisahkan dari kebebasan dalam segala bentuknya secara fisik, budaya,ekonomi,
dan politik, serta berjuang dengan segala cara, asal konstitusional untuk
melawan pelanggaran atau atau pencabutan hak.
2 komentar:
kami sekeluarga tak lupa mengucapkan puji syukur kepada ALLAH S,W,T
dan terima kasih banyak kepada AKI atas nomor togel.nya yang AKI
berikan 4 angka <<< 7351 >>> alhamdulillah ternyata itu benar2 tembus AKI.
dan alhamdulillah sekarang saya bisa melunasi semua utan2 saya yang
ada sama tetangga.dan juga BANK BRI dan bukan hanya itu AKI. insya
allah saya akan coba untuk membuka usaha sendiri demi mencukupi
kebutuhan keluarga saya sehari-hari itu semua berkat bantuan AKI..
sekali lagi makasih banyak ya AKI… bagi saudara yang suka main togel
yang ingin merubah nasib seperti saya silahkan hubungi AKI SOLEH,,di no (((082-313-336-747)))
insya allah anda bisa seperti saya…menang togel 275
juta, wassalam.
dijamin 100% jebol saya sudah buktikan...sendiri....
Apakah anda termasuk dalam kategori di bawah ini !!!!
1"Dikejar-kejar hutang
2"Selaluh kalah dalam bermain togel
3"Barang berharga anda udah habis terjual Buat judi togel
4"Anda udah kemana-mana tapi tidak menghasilkan solusi yg tepat
5"Udah banyak Dukun togel yang kamu tempati minta angka jitunya
tapi tidak ada satupun yang berhasil..
Solusi yang tepat jangan anda putus asah....AKI SOLEH akan membantu
anda semua dengan Angka ritwal/GHOIB:
butuh angka togel 2D 3D 4D SGP / HKG / MALAYSIA / TOTO MAGNUM / dijamin
100% jebol
Apabila ada waktu
silahkan Hub: AKI SOLEH DI NO: (((082-313-336-747)))
KLIK BOCORAN 2D-3D-4D-5D-6D-DISINI
BUTUH ANGKA GHOIB HASIL RTUAL AKI SOLEH
angka;GHOIB: singapura
angka;GHOIB: hongkong
angka;GHOIB; malaysia
angka;GHOIB; toto magnum
angka”GHOIB; laos…
angka”GHOIB; macau
angka”GHOIB; sidney
angka”GHOIB: vietnam
angka”GHOIB: korea
angka”GHOIB: brunei
angka”GHOIB: china
angka”GHOIB: thailand
ANGKA TOGEL JITU 2D 3D 4D 5D 6D
..(`’•.¸(` ‘•. ¸* ¸.•’´)¸.•’´)..
«´ 082_313_336_747_ ¨`»
..(¸. •’´(¸.•’´ * `’•.¸)`’•.¸ )..
cepat kaya ,,.,KISAH NYATA , Aslamu alaikum wr wb..Allahu Akbar, Allahu akbar, Allahu akbar Bismillahirrahamaninrahim,,senang sekali saya bisa menulis dan berbagi kepada teman2 melalui room ini, sebelumnya dulu saya adalah seorang pengusaha dibidang property rumah tangga dan mencapai kesuksesan yang luar biasa, mobil rumah dan fasilitas lain sudah saya miliki, namun namanya cobaan saya sangat percaya kepada semua orang, hingga suaatu saat saya ditipu dengan teman saya sendiri dan membawa semua yang saya punya, akhirnya saya menaggung utang ke pelanggan saya totalnya 470 juta dan di bank totalnya 800 juta , saya stress dan hamper bunuh diri anak saya 2 orng masih sekolah di smp dan sma, SUAMI saya pergi entah kemana dan meninggalkan saya dan anakanaknya ditengah tagihan utang yg menumpuk, demi makan sehari hari saya terpaksa jual nasi bungkus keliling dan kue, ditengah himpitan ekonomi seperti ini saya bertemu dengan seorang teman dan bercerita kepadanya, Alhamdulilah beliau memberikan saran kepada saya. dulu katanya dia juga seperti saya stelah bergabung dengan KI JAROK hidupnya kembali sukses, awalnya saya ragu dan tidak percaya tapi selama satu minggu saya berpikir dan melihat langsung hasilnya, ` saya akhirnya bergabung dan menghubungi KI JAROK di No -0`8`2`1-9`2`1`5-0`5`6`7-. Semua petunjuk AKI saya ikuti dan hanya 3 hari Astagfirullahallazim, Alhamdulilah Demi AllAH dan anak saya, akhirnya 5M yang saya minta benar benar ada di tangan saya, semua utang saya lunas dan sisanya buat modal usaha, kini saya kembali sukses terimaksih KI JAROK saya tidak akan melupakan jasa AKI. JIKA TEMAN TEMAN BERMINAT, YAKIN DAN PERCAYA INSYA ALLAH, SAYA SUDAH BUKTIKAN DEMI ALLAH SILAHKAN HUB KI JAROK DI -08`21-92`15-05`67-. (TANPA TUMBAL/AMAN). …TERIMA KASIH ATAS BANTUANNYA AKI JAROK… **** BELIAU MELAYANI SEPERTI: *** 1.PESUGIHAN INSTANT 10 MILYAR 2.UANG GAIB 3.JUAL TUYUL MEMEK 4.ANGKA TOGEL GHOIB.DLL.. …=>AKI JAROK<=… >>>082-192-150-567<<<
Posting Komentar