PERBEDAAN PERAN LAKI-LAKI DAN PEREMPUAN DALAM PENGAPLIKASIAN DI BEBERAPA MASJID YOGYAKARTA
MATA KULIAH: GENDER DAN KEADILAN SOSIAL
DOSEN PENGEMPU: SITI SAMSIATUN
DISUSUN OLEH:
RODI
11230038
FAKULTAS DAKWAH
PROGRAM STUDI: PENGEMBANGAN MASYARAKAT ISLAM
UNIVERSITAS ISLAM NEGRI SUNAN KALI JAGA YOGYAKARTA
2013
BAB
I
PENDAHULUAN
A. Latar
Belakang memilih topik ini
Sumber daya manusia yang paling menentukan di dalam
kepengurusan sehari-hari sebuah masjid adalah takmir masjid, dan pasti imam
masjid. Untuk itulah perlu kegiatan peningkatan mutu SDM. Kegiatan ini harus
berkala dan terus-menerus.
Prioritas utama adalah takmir masjid dan imam, baru
diikuti tim pengelola dan lain-lain. Kenapa prioritas utama adalah takmir?
Karena dia (mereka) lah yang menjalankan mandat kegiatan sehari-hari masjid.
Sehingga mereka pasti harus mengetahui ilmunya terlebih dahulu.
Sedangkan imam, pasti dia harus menguasai ilmu-ilmu
terutama shalat, dan lain-lainnya. Imam biasanya adalah juga takmir masjid.
Namun di banyak masjid, ada imam yang pasif dalam kepengurusan rutin. Dalam
kondisi demikian, antara imam dan takmir harus dibedakan. Imam adalah tim
pengelola, sedangkan takmir adalah pengurus harian.
Selama
ini yang kita lihat sebagian besar takmir adalah laki-laki, dan perempuan hanya
sebagian kecilnya saja. Sebenarnya ada apakah dibalik semua hal tersebut? Dan
apa yang menjadi prioritas utama perekrutan takmir masjid? Dengan adanya mini
penelitian ini kita dapat menjawab pertanyaan-pertanyaan tersebut. Kegiatan ini
juga merupakan upaya peningkatan mutu SDM pengurus masjid. Tanpa itu, masjid
akan mati dengan sendirinya begitu pendiri atau takmir masjid meninggal dunia.
Supaya
kita mengetahui mengapa kebanyakan takmir adalah laki-laki.Maka kami melakukan
wawancara untuk memastikan atau mengetahui alasan mengapa perekrutan takmir
sebagian besar adalah laki-laki,dan takmir perempuan hanya sebagian kecil saja
dan cenderung jarang.
Apa
perbedaan peran dasar laki-laki dan perempuan untuk menjadi takmir.
Perbedaan
antara peran laki-laki dan perempuan,kalau laki-laki bisa melakukan segala
kegiatan yang ada dimasjid dan kita dapat mengetahui semua agenda yang ada
dimasjid bisa dihandel takmir laki-laki jika pengisi masjid berhalangan untuk
hadir.Sedangkan untuk takmir perempuan kegiatanya lebih banyak ke kegiatan
perempuan saja misalnya pengajian ibu-ibu atau mengajar TPA.
Mencari
tahu masjid mana yang menerima takmir perempuan
Dalam
observasi ini kita dapat mengetahui dimana saja masjid yang menerima takmir
perempuan dan dapat mengetahui syarat-syarat dimasjid tersebut mengenai
perekrutan takmir yang ada dimasjid tersebut.
B. Apa
pentingnya topik tersebut
1. Mengetahui
peran takmir pada masjid dengan komunitas yang berbeda
2. Bagaimana
peran takmir laki-laki dan perempuan menurut persfektif gender didalam
komunitas yang berbeda
C. Lokasi
penelitian dan waktu penelitan tgl 14-23 mei 2013
1. Masjid
Darusalam (Manisrejo, Maguwoharjo, Kalasan Sleman/NU)
2. Masjid
Al-ikhlas (Samirono/NU)
3. Masjid
Safinaturrahmah (Sapen/Muhammadiyah)
4. Masjid
Al-wafa (Bantul/Muhammadiyah)
BABII
METODE
PENGUMPULAN DATA
A. Populasi
dan Sampel
Data
terpilah (laki-laki dan perempuan)
JUMLAH TEMPAT IBADAH, PERPUSTAKAAN MASJID, LEMBAGA
DAKWAH,
|
||||||||||
MAJELIS TAKLIM DAN RADIO DAKWAH MENURUT
KABUPATEN/KOTA
|
||||||||||
DI PROVINSI DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA
|
||||||||||
TAHUN 2010
|
||||||||||
NO.
|
KABUPATEN/
KOTA
|
TEMPAT IBADAH
|
PERPUST. MASJID
|
LEMBAGA DAKWAH
|
MAJELIS TAKLIM
|
RADIO DAKWAH
|
||||
MASJID
|
LANGGAR
|
MUSHOLLA
|
JUMLAH
|
|||||||
(1)
|
(2)
|
(3)
|
(4)
|
(5)
|
(6)
|
(7)
|
(8)
|
(9)
|
(10)
|
|
1
|
Yogyakarta
|
440
|
-
|
410
|
850
|
321
|
31
|
802
|
7
|
|
2
|
Bantul
|
1.484
|
1.284
|
435
|
3.203
|
546
|
19
|
2.067
|
2
|
|
3
|
Kulonprogo
|
959
|
406
|
414
|
1.779
|
304
|
121
|
556
|
3
|
|
4
|
Gunungkidul
|
1.630
|
415
|
581
|
2.626
|
475
|
18
|
1.300
|
-
|
|
5
|
Sleman
|
1.888
|
1.050
|
385
|
3.323
|
585
|
32
|
1.183
|
6
|
|
JUMLAH
|
6.401
|
3.155
|
2.225
|
11.781
|
2.231
|
221
|
5.908
|
18
|
||
Sumber :
1. Bidang Penamas Kanwil Kementerian
Agama Provinsi DIY
|
||||||||||
2. Kantor Kementerian Agama Kabupaten/Kota
se-Provinsi DIY
|
||||||||||
Dari
data diatas kita dapat melihat bahwa masjid yang ada di yogyakarta adalah 440
masjid. Lalu dari seluruh populasi kami mengambil 4 masjid sebagai sampel.
Yaitu, Masjid Darusalam (Manisrejo, Maguwoharjo, Kalasan Sleman/NU), Masjid
Al-ikhlas (Samirono/NU),Masjid Safinaturrahmah (Sapen/Muhammadiyah) dan Masjid
Al-wafa (Bantul/Muhammadiyah). Dari 4 masjid didapatkan data, ternyata yang mempunyai takmir masjid perempuan hanya
ada satu masjid saja, yaitu Masjid Al-Ikhlas samirono, sedangkan tiga masjid lainnya didominasi oleh
takmir masjid laki-laki. ( Masjid Safinatur Rohmah, Masjid Darussalam Manis
Rejo Maguwoharjo dan masjid Al-waffa ) Memproblematisasi data terpilah,
mengapa?
Dari
26 takmir ke empat masjid tersebut, jumlah takmir peremuan nya hanya ada 4
orang. Maka dapat kita simpulkan adanya ketimpangan yang terjadi diantara jumlah takmir masjid laki-laki dan
takmir masjid perempuan dalam sektor jumlah. Karena di masyarakat masih
memiliki stigma negativ ( streotip ) terhadap wanita yang pulang malam
sekalipun itu adalah takmir perepuan. Hal inilah yang membatasi dan justifikasi
terhadap perempuan dalam hal ketakmiran.
B. Wawancara
Di
Masjid Al-ikhlas
Nama : Nawawi
Tugas : Takmir Masjid
Masjid
Al-ikhlas berdiri pada tanggal bulan tahun
1. Hasil
Observasi dan wawancara di Masjid Al-Ikhlas, Samirono
Di
Masjid ini ada 14 pengurus laki-laki dan ada 5 pengurus perempuan, tugas dari
pengurus laki-laki adalah membersihkan masjid, adzan, iqomah dan mengajar TPA,
sedangakan tugas pengurus perempuan adalah membantu mengajar TPA, mengurus
tentang pengajian ibu-ibu serta menjaga perpustakaan masjid. Pengurus laki-laki
tinggal di Masjid, sedangkan perempuan tidak. Hal tersebut bertujuan meminimalisir
tudingan negaif terhadap kepengurusan masjid.
Rekruitment
Masjid ini tidak terbilang ketat karena perekrutan melalui via dari teman ke
teman, akan tetapi juga mengutamakan orang yang mempunyai keahlian dibidangnya.
Adanya kesenjangan takmir (Pengurus masjid) laki-laki dan perempuan dikarenakan
budaya dan lingkungan kita yang lebih mementingkan laki-laki, budaya kita masih
mempunyai banyak “label negatif” apabila ada perempuan yang pulang malam
ataupun perempuan yang tinggal di Masjid.
Kegiatan
Harian Di Masjid Al-ikhlas Samirono
Hari
|
Waktu
|
Kegiatan
|
Pengurus
|
Senin
|
Pagi-malam
Sore
|
·
Sholat Berjama’ah (Subuh-isya)
·
TPA
|
ü
Takmir lk
ü
Takmir lk & Pr
|
Selasa
|
Pagi-malam
Sore
Malam
Siang-sore
|
·
Sholat berjama’ah (Subuh-isya)
·
TPA
·
Pengajian Ibu-ibu
·
Perpustakaan masjid
|
ü
Takmir lk
ü
Takmir lk & Pr
ü
Takmir lk & Pr
ü
Takmir Pr
|
Rabu
|
Pagi-malam
Malam
|
·
Sholat berjama’ah (Subuh-isya)
·
Pengajian bapak-bapak dan ibu-ibu
|
ü Takmir Lk
ü
Takmir Lk
|
Kamis
|
Pagi-malam
Sore
Malam
|
·
Sholat berjama’ah (Subuh-isya)
·
TPA
·
Pengajian Bapak-bapak
|
ü Takmir Lk
ü Takmir Lk
|
Jum’at
|
Pagi-malam
Siang
Malam
|
·
Sholat berjama’ah (Subuh-isya)
·
Sholat jum’at & khutbah
·
Pengajian umum
|
ü Takmir Lk
ü Takmir Lk
ü Takmir Lk
|
Sabtu
|
Pagi-malam
Sore
Malam
|
·
Sholat berjama’ah (Subuh-isya)
·
Pengajian umum
·
Pengajian kitab
|
ü
Takmir Lk
ü Takmir Lk
ü Takmir Lk
|
Minggu
|
Pagi
Pagi-malam
Malam
|
·
Kerja bakti
·
Sholat berjama’ah (Subuh-isya)
·
Pengajian umum
|
ü Takmir Lk
& Pr
ü Takmir Lk
ü Takmir Lk
|
2. Hasil
observasi dan wawancara di Masjid Al-Wafa,Bantul
Di
Masjid Al-Wafa
Nama : Bapak Jumali
Tugas : Takmir Masjid dan Pengurus masjid Al-Wafa
Di
Masjid Al-Wafa ini ada 2 orang laki-laki yang menjadi takmir,dan tugas dari
takmir disini mengajar ngaji anak-anak sekitar dan mengurus pengajian ibu-ibu
yang diadakan setiap hari Selasa pagi dan malam,adapun pengajian yang
diagendakan hari lain yaiu hari Minggu pagi dan malam,ada juga pengajian yang
diagendakan untuk para remaja yaitu hari Kamis.Takmir di Masjid Al-Wafa disini direkrut
dari warga sekitar Al-Wafa yang
memumpuni dan memadai untuk benar-benar menjadi takmir yang kompeten.Perekrutan
dari takmir itu sendiri lebih memilih untuk mengambil takmir dari temen-temen
mereka yang dirasa mempunyai kemampuan.Selain takmir di Masjid ini juga ada
pengurus masjid yang berjumlah 4 orang ,dan pengurusnya bukan hanya dari daerah
setempat tetapi juga dari luar dan ada 3
orang mahasiswa yang menjadi pengurus masjid.
Daftar Kegiatan Masjid
Al-Wafa
Hari
|
Waku
|
Kegiatan
|
Pengurus
|
Senin
|
Pagi
Sore
Malam
|
·
-
·
TPA
·
Sholat Berjamaah
|
ü Santri ponpes
An-Nur
ü Takmir
|
Selasa
|
Pagi
Malam
|
·
Pengajian ibu-ibu
·
Pengajian ibu-ibu
·
Sholat berjamaah
|
ü Takmir
ü Takmir
ü Pengurus
Masjid
|
Rabu
|
Pagi
Sore
|
·
-
·
TPA
·
Sholat berjamaah
|
ü Santri PonPes
An-Nur dan takmir
ü Pengurus
masjid
|
Kamis
|
Pagi
Malam
|
·
Pengajian Remaja Masjid
·
Sholat berjamaah
|
ü Takmir
ü Pengurus
masjid
|
Jumat
|
Pagi
Siang
Malam
|
·
Pengajian warga
·
Jum’atan
·
Sholat berjamaah
·
Pengajian bapak2
|
ü Takmir
ü Takmir
ü Pengurus
masjid
ü Takmir
|
3. Hasil
Observasi dan wawancara di Masjid Safinaturrohmah
a. Memiliki
2 takmir laki-laki semua
1. Adam Mustaqim
2. Rizki
Angga Putra
b. Kegiatan yang ada di masjid tersebut hanya ada
2 bentuk kegiatan (TPA &pengajian)
NO
|
TPA
|
JUMBLAH SANTRI
|
HARI
|
PENGAJAR
|
|||
1
|
TERDATA
|
AKTIVE
|
LAKI-LAKI
|
PEREMPUAN
|
-MINGGU
-SELASA
-JUMAT
|
LAKI-LAKI
|
PEREMPUAN
|
90
|
40
|
15
|
25
|
8
|
9
|
||
17
|
NO
|
PENGAJIAN
|
JUMBLAH
|
JUMBLAH HARI
|
HARI
|
WAKTU
|
|
1
|
LAKI-LAKI
|
PEREMPUAN
|
1
|
MINGGU
|
07:00-
|
|
35
|
15-20
|
|||||
50-55
|
||||||
c. Dan
struktur kepengurusan nya ada
1. Bpk.
Drs.H. Asrori. MA. sebagai ketua takmir tersebut.
2. Bpk.
Heri Cahyono. Sebagai Sekretaris dan Bendahara di masjid tersebut
d. pengrekrutan
di saat memasuki ketakmiran masjid tersebut.
1. Tes baca
Al quran
2. Seputar
wawacara keagamaan
3. Tes khobah jum’at
4. Adzan dan Iqomah
5. Tes Hapalan jus 30 nminimal
e. tugas
takmir di masjid tersebut
1. Adzan
dan Iqomah di usahakan terisi dalam solat 5 waktu
2.
Bersih-bersih masjid
3.
Mengantikan khotbah dikalah petugasnya berhalangan hadir
4. Mengajar TPA
4. Hasil
Observasi dan wawancara di Masjid Darussalam
a) Memiliki
2 takmir laki-laki semua
1.
Minardi
2.
Rosadi
b) Kegiatan
yang ada di masjid tersebut hanya ada 2 bentuk kegiatan (TPA & pengajian)
NO
|
TPA
|
JUMBLAH SANTRI
|
HARI
|
PENGAJAR
|
|||
1
|
TERDATA
|
AKTIVE
|
LAKI-LAKI
|
PEREMPUAN
|
-ENIN
-RABU
-SABTU
|
LAKI-LAKI
|
PEREMPUAN
|
80
|
40
|
15-17
|
30-35
|
2
|
5
|
||
7
|
NO
|
PENGAJIAN
|
JUMBLAH
|
HARI PENGAJIAN
|
WAKTU
|
||
1
|
LAKI-LAKI
|
PEREMPUAN
|
LAKI-LAKI
|
PERMPUAN
|
19:00-
|
|
5-8
|
10-14
|
-SABTU
-SENIN
-SELASA
|
-JUMAT
-MINGGU
|
|||
50-55
|
||||||
c) struktur kepengurusan
1. Bpk. Tartono. sebagai ketua takmir
darussalam
2. Bpk. Edianan . Sebagai Sekretaris di masjid
darussalam
3. Bpk. Joko Sudiyanto. Sebagai sekretaris di
masjid darussalam
BAB III
PEMBAHASAN
MENURUT GENDER DAN KEADILAN SOSIAL
1. Dilihat
dari APKM
a) Dalam
Perekrutan takmir masjid
Dari hasil wawancara
dan observasi kita dapat memahami dari segi akses (A) rekruitment masjid memang
ada ketimpangan. Pasalnya pengurus masjid lebih memprioritaskan peluang
laki-laki daripada peluang perempuan. Laki-laki diberi peluang 70 % sedangkan
perempuan hanya 30% saja. Hal tersebut dikarenakan peran laki-laki dalam masjid
lebih dominan. Kegiatan masjid lebih banyak membutuhkan tenaga laki-laki
daripada perempuan, oleh karenanya rekruitment takmir masjidpun lebih banyak
disampaikan kepada laki-laki.
Dari segi partisipasi
(P) laki-laki mempunyai porsi lebih banyak daripada perempuan, karena memang
kegiatan dalam masjid lebih banyak membutuhkan tenaga laki-laki.
Dari segi kontrol (K)
perempuan lebih dominan mempunyai kontrol yang ketat, seperti kebanyakan
masyarakat menganggap jika ada perempuan yang pulang malam maka perempuan
tersebut dianggap menyalahi aturan masyarakat. Lain jika laki-laki yang pulang
malam dari kegiatannya, mereka cenderung dianggap biasa saja.
Dari segi manfaat (M) dalam
rekruitment masjid, laki-laki mempunyai manfaat yang lebih besar dibandingkan
perempuan.
b) Dalam
kegiatan kepengurusan (Ketakmiran) Masjid
Dilihat dari akses (A) kegiatan ketakmiran masjid
lebih cenderung gampang untuk laki-laki, karena kebanyakan kegiatan masjid
takmir laki-laki yang mengaturnya. Sedangkan bagi takmir perempuan, mereka
tidak bisa mengakses semua kegiatan didalam masjid, karena pekerjaan untuk
mereka terbatas.
Dilihat dari partisipasi (P) kegiatan ketakmiran
masjid sumbangsih takmir laki-laki juga lebih banyak. Sedangakan takmir
perempuan hanya berpartisipasi 40% dari seluruh kegiatan masjid.
Dilihat dari kontrol (K) dalam kegiatan keakmiran
masjid, laki-laki cenderung lebih bebas, dan perempuan lebih ketat. Pasalnya,
pmasyarakat mempunyai stigma yang tidak baik kepada perempuan yang pulang
terlalu malam, walaupun dia berpartisipasi didalam masjid.
Dilihat dari manfaat (M) bagi takmir masjid dan
perempuan memang hampir sama rata, karena baik takmir laki-laki maupun
perempuan mereka sma-sama boleh mempergunakan fasilitas yang ada dimasjid,
seperti perputakaan masjid dan sama-sama bileh mengajar TPA.
2. Dilihat
dari keadilan
Dari segi keadilan memang ada kesenjangan antara
peran laki-laki dan perempuan didalam kepengurusan (takmir) masjid, karena
sebagian besar yang memperoleh manfaat dan akses yang banyak dalam takmir
masjid adalah laki-laki, peran dan menfaat yang didapatkan perempuan hanya 30%
saja. Hal tersebut tentu saja ada ketidakadilan bagi perempuan, karena
perempuan pun harusnya memperoleh akses dan manfaat yang sama dalam ketakmiran
masjid-masjid di Indonesia, khusunya masjid di Yogyakarta.
Daftar
pertanyaan
1. Ada
berapa jumlah takmir laki-laki di Masjid ini?
2. Ada berapa jumlah takmir perempuan di Masjid
ini?
3. Apasaja
kegiatan yang ada di Masjid ini?
4. Bagaimana
struktur kepengurusan di Masjid ini?
5. Dalam
rekruitment takmir di Masjid ini apasaja persyaratan atau kriterianya?
6. Apa
saja tugas/peran takmir laki-laki di Masjid ini?
7. Jika
ada takmir perempuan Apa saja tugas/peran takmir tersebut?
BAB
IV
PENUTUP DAN KESIMPULAN
Dari
penelitian yang kami lakukan, kami mempunyai kesimpulan bahwa ada kesenjangan
antara laki-laki dan perempuan dalam kepengurusan (ketakmiran) Masjid-masjid di
Yogyakara. Karena yang mempunyai akses, partisipasi, kontrol dan manfaat dari
masjid dan kepengurusan masjid mayoritas adalah laki-laki dan perempuan hanya
minoritasnya saja. Kami melihat ada ketidakadilan dalam ketakmiran masjid,
karena didalam perauran masjid juga menganggap bahwa perempuan itu hanya
berperan 35% dari seluruh kegiatan masjid. Karena dalam budaya kita perempuan
tidak boleh pulang laru malam walaupun itu karena kepentingan masjid.
Demikianlah hasil observasi melalui pengamatan
dan wawancara kami kepada para petugas
ta’mir di beberapa masjid di kota yogyakarta. Hasilnya kami dapatkan
data-data tentang jumlah masjid di Yogyakara yang emudian kami ambil beberapa
masjid yang kami jadikan sampel peneliyian, ahirnya kami mendapakan beberapa
data tenang jadwal bulan romadhan, data cara rekruitment petugas ta’mir, data
jumlah pengurus majid dan kegiatan-kegiatan di masjid. Kami akui hasil ini
masih jauh dari data sempurna namun kami berharap semoga hasil yang telah kami
dapatkan ini dapat memberikan sumbangsih dan manfaat informasi seputar
keta’miran bagi yang membutuhkan. Untuk menanggulangi kesenjangan tersebut kami
mempunyai usulan sebaiknya stigma negativ ( stereotip ) masyarakat terhadap
takmir perempuan itu dihilangakan, agar tidak terjadi ketimpangan dalam sektor
jumlah takmir antara laki-laki dan perempuan.
3 komentar:
saya ingin berbagi cerita kepada semua teman-teman bahwa saya yg dulunya orang yg paling tersusah,walaupun mau makan itu pun harus hutang dulu sama tetangga dan syukur kalau ada yg mau kasi,semakin aku berusaha semakin jauh juga pekerjaan dan selama aku ingin berbuat baik kepada orang lain semakin banyak pula yg membenci saya karna saya cuma dianggap rendah sama orang lain karna saya tidak punya apa-apa,dan akhirnya saya berencana untuk pergi mencari dukun yg bisa menembus nomor dan disuatu hari saya bertemu sama orang yg pernah dibantu sama MBAH JAMBRONG dan dia memberikan nomor MBAH JAMBRONG,dia bilan kepada saya kalau MBAH JAMBRONG bisa membantu orang yg lagi kesusahan dan tidak berpikir panjang lebar lagi saya langsun menghubungi MBAH JAMBRONG dan dengan senan hati MBAH JAMBRONG ingin membantu saya,,alhamdulillah saya sudah menang togel yg ke5 kalinya dan rencana saya bersama keluarga ingin membuka usaha dan para teman-teman diluar sana yg ingin seperti saya silahkan hubungi MBAH JAMBRONG di 081=340=887=779 saya sangat bersyukur kepada allah karna melalui bantuan MBAH MBAH JAMBRONG dan kini kehidupan saya sudah jauh lebih baik dari sebelumnya,ingat kesempatan tdk akan datan untuk yg kedua kalinya..
kami sekeluarga tak lupa mengucapkan puji syukur kepada ALLAH S,W,T
dan terima kasih banyak kepada AKI atas nomor togel.nya yang AKI
berikan 4 angka <<< 7351 >>> alhamdulillah ternyata itu benar2 tembus AKI.
dan alhamdulillah sekarang saya bisa melunasi semua utan2 saya yang
ada sama tetangga.dan juga BANK BRI dan bukan hanya itu AKI. insya
allah saya akan coba untuk membuka usaha sendiri demi mencukupi
kebutuhan keluarga saya sehari-hari itu semua berkat bantuan AKI..
sekali lagi makasih banyak ya AKI… bagi saudara yang suka main togel
yang ingin merubah nasib seperti saya silahkan hubungi AKI SOLEH,,di no (((082-313-336-747)))
insya allah anda bisa seperti saya…menang togel 275
juta, wassalam.
dijamin 100% jebol saya sudah buktikan...sendiri....
Apakah anda termasuk dalam kategori di bawah ini !!!!
1"Dikejar-kejar hutang
2"Selaluh kalah dalam bermain togel
3"Barang berharga anda udah habis terjual Buat judi togel
4"Anda udah kemana-mana tapi tidak menghasilkan solusi yg tepat
5"Udah banyak Dukun togel yang kamu tempati minta angka jitunya
tapi tidak ada satupun yang berhasil..
Solusi yang tepat jangan anda putus asah....AKI SOLEH akan membantu
anda semua dengan Angka ritwal/GHOIB:
butuh angka togel 2D 3D 4D SGP / HKG / MALAYSIA / TOTO MAGNUM / dijamin
100% jebol
Apabila ada waktu
silahkan Hub: AKI SOLEH DI NO: (((082-313-336-747)))
KLIK BOCORAN 2D-3D-4D-5D-6D-DISINI
BUTUH ANGKA GHOIB HASIL RTUAL AKI SOLEH
angka;GHOIB: singapura
angka;GHOIB: hongkong
angka;GHOIB; malaysia
angka;GHOIB; toto magnum
angka”GHOIB; laos…
angka”GHOIB; macau
angka”GHOIB; sidney
angka”GHOIB: vietnam
angka”GHOIB: korea
angka”GHOIB: brunei
angka”GHOIB: china
angka”GHOIB: thailand
ANGKA TOGEL JITU 2D 3D 4D 5D 6D
..(`’•.¸(` ‘•. ¸* ¸.•’´)¸.•’´)..
«´ 082_313_336_747_ ¨`»
..(¸. •’´(¸.•’´ * `’•.¸)`’•.¸ )..
Assalamu alaikum warohmatullahi wabarakatu.
Saya ingin berbagi cerita siapa tau bermanfaat kepada anda bahwa saya ini seorang TKI dari johor bahru (malaysia) dan secara tidak sengaja saya buka internet dan saya melihat komentar bpk hilary joseph yg dari hongkong tentan MBAH WIRANG yg telah membantu dia menjadi sukses dan akhirnya saya juga mencoba menghubungi beliau dan alhamdulillah beliau mau membantu saya untuk memberikan nomer toto 6D dr hasil ritual beliau. dan alhamdulillah itu betul-betul terbukti tembus dan menang RM.457.000 Ringgit selama 3X putaran beliau membantu saya, saya tidak menyanka kalau saya sudah bisa sesukses ini dan ini semua berkat bantuan MBAH WIRANG,saya yang dulunya bukan siapa-siapa bahkan saya juga selalu dihina orang dan alhamdulillah kini sekaran saya sudah punya segalanya,itu semua atas bantuan beliau.Saya sangat berterimakasih banyak kepada MBAH WIRANG atas bantuan nomer togel Nya. Bagi anda yg butuh nomer togel mulai (3D/4D/5D/6D) jangan ragu atau maluh segera hubungi MBAH WIRANG di hendpone (+6282346667564) & (082346667564) insya allah beliau akan membantu anda seperti saya...
Posting Komentar